Puluhan Orang Tewas Dalam Serangan Koalisi Arab di Yaman

GAZAMEDIA, SANA’AH – Sejumlah milisi Houthi dikabarkan tewas setelah serangan yang dipimpin pasukan Koalisi Arab Saudi di provinsi Marib dan Al-Bayda, Yaman, Jumat (14/1) kemarin waktu setempat.

Dalam sebuah pernyataan resminya, koalisi Arab Saudi di Yaman mengatakan,¬† jika serangan tersebut menargetkan kamp dan markas pasukan Houthi dengan meluncurkan¬† 50 serangan udara yang ada di provinsi Ma’rib dan Al-Bayda.

Sementara itu, pusat media tentara Yaman mengumumkan bahwa pasukannya dan Brigade Raksasa menguasai situs-situs strategis di front barat laut dan selatan Kegubernuran Ma’rib, setelah serangan yang diluncurkan oleh kelompok Ansar Allah (Houthi), yang mengakibatkan puluhan orang tewas dan terluka.

Pada gilirannya, Pengawas Ranjau Darat Yaman mengkonfirmasi pada hari Jumat sebanyak 38 warga sipil dan tentara tewas dan 50 lainnya terluka selama dua minggu terakhir karena ranjau (bom) dan amunisi yang ditanam oleh kelompok Houthi di provinsi Shabwa dan Ma’rib.

Laporan organisasi internasional dan lokal menunjukkan bahwa Yaman telah menyaksikan operasi peletakan ranjau terbesar di tanah itu sejak akhir Perang Dunia II, dan Kementerian Hak Asasi Manusia pemerintah Yaman menuduh Houthi menanam lebih dari satu juta ranjau di wilayah kegubernuran Yaman sejak awal perang. []