Indeks Palestina Tepi Barat

Israel Serahkan Surat Penghancuran 2 Sekolah di Timur Betlehem

GAZA MEDIA, BETLEHEM – Hari Ahad (23/1/2022), otoritas pendudukan Israel menyampaikan surat pemberitahuan tentang penghancuran dua sekolah Palestina di daerah Jubbet ad-Dib, yang berada sebelah timur Betlehem, dengan alasan bahwa kedua sekolah tersebut tidak memiliki dasar hokum pembangunannya atau “ilegal”.

Organisasi pemukiman pendudukan Israel “Raqafim” menempelkan pemberitahuan pembongkaran di sekolah Kisan dan al-Tahadi 5. Demikian menurut keterangan para saksi mata di lokasi kedua sekolah tersebut.

Aktivis Palestina yang konsen dengan masalah koloni pemukiman pendudukan Israel di Betlehem, Hassan Breijieh, menyatakan bahwa sekolah “Tahadi 5” sudah mengalami penghancuran sebanyak lima kali, sebelum akhirnya sekolah tersebut dibangun kembali setiap kali dihancurkan.

Dalam pernyataan persnya, Hassan Breijieh mengatakan, “Sekolah Kisan sebelumnya sudah mendapaatkan surat pemberitahuan tentang penghentian pembangunan, dan siswanya dilecehkan oleh para pemukim pendudukan Israel.”

Lembaga-lembaga medis Palestina mendokumentasikan terjadinya kasus 150 siswa Palestina baik laki-laki maupun perempuan, yang mengalami cedera akibat penyerangan yang dilakukan para pemukim pendudukan Israel dalam perjalanan mereka ke sekolah pada November 2021 lalu.[]