Indeks Internasional Palestina

Menlu Aljazair Optimistis Perdamain Palestina bisa Terwujud

GAZAMEDIA, ALJIR – Proses rekonsiliasi faksi-faksi di Palestina akan segera selesai dan persatuan Palestina akan terwujud. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Aljazair, Ramtane Lamamra, di ibu Kota Aljazair,  Aljir. Senin (31/1) kemarin.

“Proses rekonsiliasi atau perdamaian antara faksi-faksi Palestina akan dilakukan di tanah Aljazair, kami optimis rekonsiliasi akan segera selesai.” kata Lamamra.

Dalam upaya perdamaian ini, bulan lalu Aljazair mengatakan akan menjadi tuan rumah dalam pembicaraan antar Palestina.

“Perjalanan menuju rekonsiliasi Palestina telah dimulai dan Aljazair memiliki pengalaman panjang dalam menyatukan orang-orang Palestina,” imbuhnya.

Ia menambahkan, upaya ini bertujuan untuk membuat pihak Palestina berpartisipasi dalam KTT Arab yang akan diselenggarakan oleh Aljazair pada waktu berikutnya, tujuannya untuk memberikan kesempatan semua faksi memberikan pandangan gagasan.

Sebelumnya, beberapa negara-negara Arab yang telah mencoba untuk mendamaikan faksi nasionalis Fatah dibawa pimpinan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan pihak Hamas adalah Mesir, Arab Saudi, hingga Qatar namun upaya itu gagal.

Sebagai informasi tambahan, bahwa dalam kurun waktu 16 tahun terakhir tidak ada pemilihan umum yang diselenggarakan di hal ini disebabkan lantaran kondisi perpecahan antar faksi yang ada di bumi para nabi. []