Indeks Palestina

Dokumen Penggusuran Warga Palestina di Negev Beredar ke Publik

GAZAMEDIA, TEPI BARAT – Dokumen rahasia milik Israel terkait penggusuran secara paksa terhadap warga Palestina di Negev beredar ke ranah publik.

Informasi yang dihimpun GAZAMEDIA, Senin (1/2) mengungkapkan dokumen yang menunjukkan dua pejabat Israel tak henti melakukan upaya secara paksa mengusir warga Palestina dari tanah mereka sendiri di Negev dari selama lima puluhan abad terakhir.

Dokumen tersebut muncul di hadapan umum sebagai bagian dari gugatan dengan latar belakang sengketa kepemilikan tanah, yang itu diajukan oleh warga Palestina dari daerah Al-Araqib, ia merupakan salah satu dari puluhan desa yang dianggap Israel ilegal, mereka sabotase dari pelayanan kebutuhan dasar seperti air, listrik dan transportasi.

Dokumen-dokumen tersebut menunjukkan bahwa kepala Distrik Selatan, Moshe Dayan, melancarkan operasi militer pada November 1951 untuk mengusir warga Badui Palestina dari daerah-daerah barat laut Negev ke timur dan dari utara jalan Al-Khalil-Beersheba ke selatan.

“Pemindahan warga Badui ke daerah baru sama saja merampas hak mereka sebagai pemilik tanah, terlebih mereka akan diperlakukan sebagai penyewa tanah pemerintah,” tulis Dayan seperti dikutip dari suratkabar Haaretz.

Catatan baru mengungkapkan bahwa warga Palestina dideportasi secara paksa pada 1950-an oleh pasukan Israel yang menyebarkan ancaman, kekerasan, penyuapan dan penipuan. []