Internasional

96 Pengungsi Libya Tewas Tenggelam di Laut Mediterania

GAZAMEDIA, TRIPOLI – Pihak Dokter Lintas Batas Internasional (Doctors Without Borders) melaporkan, 96 pengungsi tewas di perairan Mediterania meninggalkan Libya dengan kapal muatan penuh sesak, Sabtu pagi (2/4/2022).

Kapal tanker komersial “Alegria 1” berhasil menyelamatkan empat orang yang terdampar dari perahu karet di Mediterania Sabtu pagi.

“Kami mendapat informasi awal dari Allegria 1 bahwa para pengungsi berada di laut setidaknya selama empat hari di kapal karet yang membawa sekitar 100 orang, 96 di antaranya tewas tenggelam,” DWB menambahkan.

Mereka yang diselamatkan membutuhkan bantuan perawatan medis darurat. Pengungsi yang selamat mengungkapkan tidak satu pun dari mereka harus dikembalikan ke tempat di mana mereka menghadapi penahanan, pelecehan dan perlakuan buruk.  Libya bukanlah tempat yang aman.

Perlu dicatat bahwa Organisasi Internasional untuk Migrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) mencatat, 367 kematian di laut Mediterania sejauh ini sejak awal tahun ini, setelah 2048 kematian tercatat pada tahun 2021. [ml/as/ofr]