Wednesday, October 16, 2024
HomeBeritaWapres apresiasi dukungan China untuk akhiri penjajahan Israel di Palestina

Wapres apresiasi dukungan China untuk akhiri penjajahan Israel di Palestina

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi mendalam atas dukungan China terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.

Dalam pidatonya pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-China ke-27 yang berlangsung di Vientiane, Kamis (10/10), Wapres menyoroti posisi China yang sejalan dengan ASEAN dalam mendesak diakhirinya pendudukan ilegal Israel di Palestina.

“Terkait Palestina, saya mengapresiasi kesamaan posisi RRT (China) dan ASEAN atas resolusi Majelis Umum PBB yang menuntut pengakhiran pendudukan ilegal Israel,” ujar Ma’ruf Amin.

Wapres juga menegaskan dukungan Indonesia terhadap Deklarasi Beijing, yang menggarisbawahi pentingnya gencatan senjata di Palestina.

Dalam deklarasi tersebut, berbagai faksi Palestina sepakat untuk mengikuti resolusi-resolusi PBB dan terus memperjuangkan pembentukan negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya.

“Melalui Deklarasi Beijing, saya berharap RRT terus mendukung terwujudnya gencatan senjata, memberikan akses tanpa hambatan bagi bantuan kemanusiaan, serta tercapainya solusi dua negara,” tutur Wapres Ma’ruf Amin.

Deklarasi Beijing juga menegaskan pentingnya mempertahankan integritas wilayah Palestina, termasuk di Tepi Barat, Yerusalem, dan Gaza, yang selama ini menjadi simbol perjuangan rakyat Palestina di kancah internasional.

Pizaro Idrus
Pizaro Idrus
Pengajar HI Universitas Al Azhar Indonesia, Mahasiswa PhD Hubungan Antarbangsa Universitas Sains Malaysia.
ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular