Wednesday, October 16, 2024
HomeBeritaAnggota DPR: Indonesia harus terus aktif bantu Palestina merdeka dari penjajah

Anggota DPR: Indonesia harus terus aktif bantu Palestina merdeka dari penjajah

 

Anggota DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, menegaskan bahwa Indonesia harus terus bergerak aktif dalam beragam upaya untuk membantu Palestina merdeka dari penjajahan yang dilakukan oleh Zionis Israel.

“Indonesia harus terus bergerak aktif melakukan upaya agar konflik Israel-Palestina segera mendapatkan solusi yang adil dan menjamin hak rakyat Palestina untuk memperoleh kemerdekaan yang hakiki,” ungkap Netty dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia menilai bahwa Pemerintah Indonesia perlu memperkuat jalur diplomasi luar negeri untuk melanjutkan dukungan penuh terhadap kemerdekaan Palestina.

Netty menekankan, sebagai negara berdaulat yang menolak segala bentuk penjajahan, Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengambil tindakan nyata dalam memperjuangkan hak-hak kemerdekaan Palestina.

“Sebagai bangsa yang pernah merasakan pahitnya dijajah, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina,” tuturnya.

Pernyataan tersebut sejalan dengan amanat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan prinsip Dasasila Bandung yang dihasilkan dalam Konferensi Asia-Afrika 1955, yang menekankan pentingnya memajukan perdamaian dunia.

Menurut informasi terbaru, Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa sejak Oktober 2023, korban jiwa akibat serangan Israel ke Palestina telah mencapai 41.689 jiwa. Jumlah tersebut mencakup balita, anak-anak, perempuan, penyandang disabilitas, dan lansia.

Oleh karena itu, Netty mendesak peran aktif diplomasi Indonesia di berbagai forum internasional, seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), dan Gerakan Non-Blok (GNB), untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Ia juga mendorong Pemerintah Indonesia agar lebih tegas dan berani dalam menyuarakan dukungan terhadap hak-hak Palestina.

“Kita harus berani mengambil inisiatif, baik di kancah diplomasi internasional maupun regional, untuk memimpin upaya penyelesaian konflik ini,” tegasnya.

Selain itu, Netty mendukung langkah-langkah diplomasi yang telah diambil oleh Kementerian Luar Negeri (Kemnlu) RI sejauh ini. Ia juga mendorong peran aktif pemerintah dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina yang saat ini tengah mengalami kesulitan akibat blokade dan serangan militer Israel.

“Semangat solidaritas kemanusiaan harus menjadi landasan kita dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus bersatu dan menguatkan komitmen kita dalam mendukung Palestina, baik melalui diplomasi, bantuan kemanusiaan, maupun advokasi di forum-forum internasional,” tutup Netty Prasetiyani Aher.

Pizaro Idrus
Pizaro Idrus
Pengajar HI Universitas Al Azhar Indonesia, Mahasiswa PhD Hubungan Antarbangsa Universitas Sains Malaysia.
ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular