Indeks Regional

Gempa Bumi Guncang Kabupaten Pasaman Barat Indonesia, 4 Tewas dan Puluhan Luka-luka

GAZAMEDIA, PADANG – Gempa berkekuatan 6,2 Magnitudo guncang pulau Sumatera, tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat, Indonesia. Jumat pagi (25/02/2022), pukul 08.35 WIB. Menewaskan 4 orang dan puluhan warga alami luka-luka. Pasca gempa kerusakan parah terjadi pada sejumlah infrastruktur pemerintahan, rumah ibadah dan tempat tinggal.

Survei Geologi AS mengatakan: “Gempa terjadi sekitar 66 km barat laut dari Bukittinggi, di pegunungan Talamau provinsi Sumatera Barat. Dengan kedalaman 12 km di bawah permukaan bumi.”

Sementara itu, Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia melaporkan tidak adanya peringatan tsunami, namun tetap waspada adanya kemungkinan gempa susulan.

Koresponden Gazamedia di Padang melaporkan, berdasarkan informasi sementara via telpon melalui sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah / MDMC Sumatera Barat, Portito mengatakan: “Jumlah korban luka pasca gempa terus bertambah dan kini korban dilarikan ke RSUD Pasaman Barat menyebabkan rumah sakit sedikit kewalahan. Beberapa warga terpaksa mengungsi, karena dampak gempa menghancurkan rumah, dan pergerakan tanah (likuifaksi) terjadinya longsor di beberapa titik”.

Indonesia terus menyaksikan aktivitas seismik dan vulkanik karena lokasinya di “Cincin Api” Pasifik, sehingga rentan terjadinya lempeng tektonik bertabrakan. [ofr].