Hamas: Pertemuan Abbas – Gantz Tikaman Pada Perjuangan Di Tepi Barat

GAZA MEDIA, GAZA — Hamas mengatakan, pertemuan Kepala Otoritas Mahmud Abbas dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz,  menjadi semacam tikaman bagi perjuangan di Tepi Barat terjajah.

Pertemuan tersebut bersamaan dengan maraknya serangan brutal kelompok yahudi pada warga Palestina di Tepi Barat, serta menambah kebobrokan pimpinan otoritas, sehingga menjadi semacam tikaman bagi perjuangan intifadah di Tepi Barat, lanjut Hamas, seperti dikutip dari Palinfo, Kamis (30/12).

Hamas menyebut pertemuan tersebut sangat tercel dan ditolak elemen nasional Palestina, dan menyimpang dari spirit perjuangan nasional Palestina.

Prilaku pimpinan otoritas seperti itu makin memperdalam perpecahan politik Palestina, dan menghambat persatuan, mendorong sejumlah pihak di kawasan untuk melakukan normalisasi dengan penjajah, dan melemahkan sikap Palestina yang menolak normalisasi.

Anggota pimpinan gerakan Fatah yang juga Menteri Urusan Sipil Husain al-Syeikh menegaskan, Presiden Mahmud Abbas bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel pada Selasa sore kemarin.

Sejumlah media Israel menyebutkan pertemuan tersebut cukup unik, dimana belum pernah terjadi sebelumnya, Menteri Israel secara pribadi menerima tokoh Palestina di rumahnya di wilayah Palestina jajahan tahun 48.

Situs Walla Israel menyebutkan, pertemuan membahas persoalan keamanan dan ekonomi, untuk mencegah krisis yang bisa memicu gelombang serangan baru di Tepi Barat.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut sejumlah pejabat keamanan Palestina dan Israel.

Menurut situs Israel, pertemuan telah dikordinasikan dengan PM Israel Nevtali Benet, yang memberikan persetujuan untuk menenangkan situasi memanas di Tepi Barat.

Pertemuan juga berlangsung beberapa hari usai pernyataan aparat intelijen Israel (Shinbet), yang menyerukan kepada pemerintah Israel untuk mendukung otoritas Palestina, supaya terhindar dari krisis.[]