Internasional Palestina Politics

Haniyah dan Menlu Rusia Bertemu Bahas Tindakan Terorisme “Israel” di Al-Quds

GAZAMEDIA, DOHA – Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov terhubung melalui via telpon bahas perkembangan agresi “Israel” di kota Al-Quds (Yerusalem) dan Jalur Gaza. Serta jalin upaya politik yang bisa dilakukan untuk menghentikan pelanggaran “Zionist Israel” terhadap Al-Aqsha. Kamis (21/4/2022).

Haniyah menyampaikan kepada Lavrov, apa yang dilakukan ‘Israel’ di Al-Quds dan Al-Aqsha adalah pelanggaran, penodaan dan terorisme mencegah puluhan ribu jamaah Palestina yang hendak laksanakan ibadah Ramadhan di Masjid Al-Aqsha.

Sementara itu, Lavrov membalas dengan berikan apresiasi penghargaannya untuk rakyat Palestina dan perjuangan mereka. “Posisi kami tegas dalam masalah ini, kami selalu berada di pihak Palestina mendukung hak perjuangan mereka mendirikan negara Palestina merdeka.”

Lavrov turut mengutuk aksi brutalisme berlebihan “Israel” terhadap warga sipil Palestina yang tewas dan korban luka lainnya. Juga menekankan perlunya membalas kebiadaban mereka dengan strategi politik yang jitu dan ‘tamparan keras’ di kubu penjajah. [ro/nb/ofr]