Gaza Indeks Palestina

Makin Terpuruk, Israel Larang Peralatan Medis Masuk ke Jalur Gaza

GAZAMEDIA, PALESTINA – Dalam 10 bulan terakhir, Otoritas Israel telah mencegah peralatan medis untuk masuk ke Jalur Gaza, Palestina, Hal ini diungkapkan oleh Lembaga Pusat Palestina untuk Hak Asasi Manusia, Senin (1/2)

Langkah Israel itu dinilai sangat tidak beradab dan berpotensi melakukan pelanggan HAM.

“Kami sangat kecewa, dan mengutuk tindakan sepihak yang dilakukan oleh Israel, ” kata Pusat HAM Palestina kepada jurnalis GAZAMEDIA.

Peralatan medis yang dilarang diimpor ke Gaza mengancam keselamatan ribuan pasien yang membutuhkan layanan kesehatan di dalam rumah sakit baik milik pemerintah setempat maupun rumah sakit-rumah sakit milik swasta dan lembaga kemanusiaan dunia.

Pusat Lembaga HAM Plaestina mengatakan, Israel harus bertanggung jawab penuh menyediakan pasokan medis bagi penduduk Gaza, sesuai dengan Konvensi Jenewa Keempat.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan bahwa mereka menghadapi krisis kemanusiaan kian parah karena kekurangan obat-obatan, dan persediaan peralatan medis, sebagai akibat dari pengepungan Israel selama kurang lebih 15 tahun berturut-turut.

Sejak 2007, penjajah Israel memberlakukan blokade terhadap warga Gaza, yang mengakibatkan menurunnya kondisi ekonomi dan krisis kemanusiaan yang kian mengancam 2,5 penduduk yang tinggal di jalur Gaza. []