‘Israel’ Siapkan Robot Pengganti Tentara

GAZA MEDIA – YERUSALEM – Kamis (18/11) Desain inovatif UGV dan rangkaian otonomi bawaan menawarkan peningkatan kapasitas, kemampuan manuver, dan kelincahan dari model sebelumnya.

Levy menyatakan kedua perusahaan bekerja sama merancang robot tersebut dan perangkat lunaknya. “Ini memiliki otonomi bawaan dan kecerdasan buatan bawaan yang memberikan solusi lengkap. Tanpa tingkat kecanggihan itu, Anda tidak akan mau mengandalkannya di lapangan,” katanya.

Armada ini diklaim sebagai induk dari kendaraan nirawak dengan sebuah kendaraan militer multi-muatan 6×6 Unmanned Ground Vehicle (UGV).

Perusahan teknologi Elbit Systems dan Roboteam telah merilis kendaraan robot Rook UGV yang akan mendukung infantri Israel di sejumlah peran garis depan.

Poizner mengatakan ROOK adalah langkah selanjutnya menuju memungkinkan segala sesuatu yang terjadi di langit melalui penggunaan drone dan robot udara terjadi di tanah dan di lapangan.

Alat berat ini sepenuhnya mematuhi Profil Interoperabilitas UGV (IOP) untuk integrasi muatan plug-and-play yang mulus. Baterai memiliki berat 40 kg dan bertahan hingga delapan jam. Ada opsi untuk membawa baterai cadangan atau memasang generator internal untuk misi yang lebih lama.

ROOK dikembangkan berdasarkan pengalaman operasional yang dikumpulkan melalui penerjunan sistem 4×4 PROBOT UGV yang mulai beroperasi beberapa tahun lalu melalui kolaborasi pertama antara kedua perusahaan.

ROOK dirancang dari awal sebagai platform UGV robot sesuai dengan standar militer yang berlaku. Ini memiliki struktur kotak modular yang memungkinkan komponen diganti oleh pengguna di lapangan tanpa dukungan pabrikan. [TNO]