Indeks Palestina Regional

Kabarkan Palestina di Bumi Katulistiwa, Safari Dakwah INH Disambut Baik Wagub Kalbar

GAZAMEDIA, PONTIANAK – Safari dakwa untuk mesyiarkan kabar dan update kondisi Palestina terkini yang digagas lembaga kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) di dejumlah daerah di Kalimantan Barat (Kalbar) mendapat sambutan hangat dari sejumlah kalangan pejabat dilingkungan Provinsi yang dikenal dengan monumen tugu katulistiwa.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengaku senang atas kehadiran INH di Kalbar dan menyambut baik seluruh rangkain kegiatan safari dakwa tersebut.

“Kami sangat respect dengan perjuangan Palestina, dan prihatin kenapa saat ini saudara-saudara muslim kita disana masih belum bisa hidup merdeka,” kata Norsan saat menjamu pengurus INH di kantornya, Selasa (9/2) kemarin.

Ia menceritakan pengalamanya saat berkunjung ke kota tua Al-quds, di Palestina melalui paket perjalanan umroh plus Al-Quds beberapa waktu lalu.

“Saat itu saya ambil program paket Umroh plus Al-Quds tapi saya gak ambil umrohnya karena ingin ke masjid Al-Aqsha sesuai berdasarkan hadits Rasulullah soal anjuran untuk pergi mengunjungi ke 3 masjid yang disucikan bagi umat Islam,” cerita Norsan.

Tak hanya berkunjung ke kota tua Al-Quds, Norsan juga membagi pengalaman perjalananya kesejumlah wilayah Palestina lainya, seperti Kota Hebron dan wilayah di Tepi Barat.

“Ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menambah wasawan dan pengetahuan tentang sejarah perkembangan Isalm dari generasi ke generasi,” Katanya.

Saat di Tepi Barat ke kota Hebron, ia menyempatkan untuk mengunjungi makam nabi Ibrahim dan pulang dari sana bawa kaligrafi dari kulit kerang yang sangat futuristik.

“Kami sangat memahami konflik di Tepi Barat tentang perampasan tanah memaksa jual tanah untuk Israel jika tidak mau akan diganggu tanahnya,” kenangnya.

Wagub yang mengaku sangat antusias dan mengikuti perkembangan konflik Palestina mengaku siap memberikan suport dan perkembangan lembaga tersebut termasuk keberadaan Sahabat Relawan (Share) INH di Kalbar.

“Kami siap mengayomi pergerakan Share INH Pontianak meski belum bisa jadi pembina karen banyak permintaan menghindari isu yang bersifat tendensius,” jelasnya.

Hal senanda juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi. Menurutnya, kegiatan safari dakwa INH ini merupakan langka positif dalam meyebarkan pesan-pesan perdamain dan mensosialisasikan isue-isue ke-Palestina-an.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Mempawah sangat senang bisa menjadi satu bagian dari lokasi yang dijadikan acara safari dakwa yang digagas INH,” ucapnya.

Sementara itu, Founder INH Muhammad Husein menyampaikan bahwa audiensi yang dilakukan ini bertujuan membahas safari dakwah dengan mengangkat tema “Surat Cinta Dari Palestina” salah satunya di Masjid Agung Al Falah Mempawah.

“Safari dakwah yang saya lakukan untuk menyampaikan kabar berita sebenarnya tentang Palestina khususnya di Gaza. Dan berbagi pengalaman hidup saya selama 10 tahun tinggal disana. Memberikan pembekalan dan pemahaman kepada masyarakat terkait kondisi Palestina saat ini,” ujar Muhammad Husein.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Lukmanul Hakim Presiden Direktur INH dan sejumlah sahabat-sahabat pengurus Share INH Pontianak. Safari Dakwah Akbar Eksklusif Palestina diwilayah Kalbar sendiri berlangsung sejak tanggal 8 hingga tanggal 11 Februari 2022 besok. []