Internasional

Kelompok Separatis Pro-Putin di Donbass Ukraina, Evakuasi Warga Menuju Federasi Rusia

Gazamedia.net – Separatis pro-Rusia mulai mengevakuasi warga sipil dari wilayah Donbass di Ukraina Timur. Di tengah peringatan Washington, eskalasi di wilayah itu adalah bagian dari rencana Rusia untuk invasi Ukraina. Jumat (18/2).

Denis Pushilin, dari “Republik Rakyat Donetsk” yang pro-Rusia, mengatakan: “Kami mengorganisir evakuasi besar-besaran warga setempat menuju Federasi Rusia. Yang diutamakan adalah anak-anak, wanita dan orang tua.”

Pushilin berharap Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky segera mengumumkan perintahnya untuk melancarkan serangan militer ke wilayah Donbass.

Sedangkan Leonid Pasichnik, kepala partai “Republik Rakyat Luhansk” yang juga pro-Rusia menyatakan dalam siaran pers, untuk menghindari korban sipil di antara penduduk republik, maka evakuasi mesti dilakukakan sesegera mungkin menuju wilayah Federasi Rusia.

Sementara itu, Presiden Rusia, Vladimir Putin memerintahkan 10.000 rubel (sekitar 114 euro) untuk diberikan kepada setiap orang yang dievakuasi dari wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken mengomentari apa yang terjadi di Donbass, “Kami khawatir evakuasi itu adalah bagian dari rencana Rusia untuk membenarkan “agresi” terhadap Ukraina.” [].