Langgar HAM, Lithuania Bayar 100 Ribu Euro ke Tahanan Guantanamo

GAZA MEDIA, VILNIUS –¬†Eropa Utara, Gaza Media – Republik Lituania membayar 100.000 Euro kepada tahanan Zainal Abidine Hussein, seorang tahanan di Teluk Guantanamo sebagai kompensasi karena mengizinkan agen-agen CIA menahan dan menyiksanya di sebuah lokasi rahasia dekat ibukota Lituania, Vilnius, Rabu (12/1).

Surat kabar Inggris, The Times menyebutkan kompensasi yang diterima tahanan Abu Zubaydah atau “Tahanan Abadi” (nama lain Zainal Abidin) datang dari putusan pengadilan 2018 oleh Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa yang menganggap Lituania telah melanggar Komisi Eropa untuk urusan HAM dengan mengizinkan orang Amerika menyiksa tawanan di negaranya.

Pengacara Abu Zubaydah membenarkan bahwa penyiksaan yang dilakukan dengan beberapa cara, termasuk dIlarang tidur, isolasi di ruang sempit, gangguan suara keras, sorotan cahaya berlebih, kemudian berulang kali disiksa menggunakan semprotan air berskala tinggi.

Menurut surat kabar Guardian, uang kompensasi tersebut disimpan di rekening bank, tetapi Abu Zubaydah tidak dapat menerima hasil kompensasi karena Zainal Abidin sendiri masih ditahan di Penjara Teluk Guantanamo.[]