Indeks Tekno

Metaverse Dukung Pendirian Kota Shopping Digital Pertama di Dunia

GAZAMEDIA – Perusahaan “Trade Valley” Turki sedang bersiap membuka kota digital virtual untuk berbelanja melalui teknologi “Metaverse”, yang telah menjadi prioritas utama untuk kepentingan para pemimpin perdagangan global.

Kota yang disebut “Meta Valley”, mensimulasikan landmark terkenal di sejumlah kota Arab, di mana menara ibukota Qatar, Doha, Palm Island Dubai, dan landmark lain dari Saudi, Turki, dan kota-kota lain muncul di sana.

Pergerakan komersial di kota virtual aktif pada 3 tingkat, yaitu perdagangan grosir, pasokan dan belanja eceran melalui merek-merek elektronik branded besar. Di samping itu, terdapat pameran besar dan ruang pertemuan, teater virtual yang disiapkan untuk menyelenggarakan konferensi, kuliah, dan lokakarya.

Kota pertama yang dibangun di dunia metaverse ini akan dibagi menurut kategori produk yang ditawarkan di setiap bagiannya, seperti fashion, aksesoris, makanan, dan lain-lain.

Mall kota digital memberikan peluang belanja dan penawaran penuh bagi metaverse, sehingga pelanggan memiliki karakter virtual (avatar) sendiri dengan mengunjungi pameran dan bertemu peserta lain. Juga dapat berbicara secara langsung menggunakan teknologi realitas virtual atau dikenal dengan “VR”. Diketahui perjanjian komersial ini nantinya ditandangani dengan pembuktian di setiap pembelian penjualan dan pengiriman barang. [ml/as/terj.nb]