Militer AS Uji Sistem Pertahanan Iron Dome

GAZA MEDIA, WASHINGTON – Militer Amerika Serikat sedang menguji sistem pertahanan rudal Iron Dome ‘Israel’ di Guam. Uji coba ini dilakukan karena melihat kemungkinan ancaman dari China.

Guam adalah wilayah AS yang terletak sekitar 1.800 mil dari China. Sekitar 190.000 warga sipil dan personel militer AS berada di pulau itu, yang menampung pangkalan militer Amerika terdekat dengan China.

Tes tersebut merupakan bagian dari pembangunan militer AS di kawasan Asia-Pasifik yang bertujuan untuk melawan Beijing. Demikian dilaporkan Wall Street Journal pada Selasa (10/11).

Menurut laporan, militer AS mengerahkan salah satu dari dua baterai anti-rudal Iron Dome, dan pengujian akan berlanjut hingga integrasi penuh dengan sistem pertahanan udara yang ada.

Sistem Iron Dome menunjukkan kegagalan besar dalam menghadapi roket dan proyektil Palestina dalam agresi Israel baru-baru ini di Jalur Gaza.

Para ahli memperingatkan kesia-siaannya jika tentara AS berencana untuk mengandalkan sistem Iron Dome di masa depan. [Mohammed Yaqoubi]