Internasional

Bawa Misi Perdamaian, Presiden Indonesia Kunjungi Rusia dan Ukraina

GAZAMEDIA, JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo tiba di Ukraina dan Rusia dalam misi untuk membawa perdamaian dan menghentikan perang, Ahad (26/6/2022).

Jokowi mengungkapkan akan mendesak pejabat pemerintahan Rusia dan Ukraina untuk memberikan kesempatan dialog selama kunjungan perdamaiannya ke kedua negara tersebut dengan harapan perang harus dihentikan dan krisis rantai makanan global segera direvitalisasi.

Jokowi juga akan mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin untuk segera berlakukan gencatan senjata.

Di sisi lain, sumber informasi internasional mengkonfirmasi bahwa Presiden AS Joe Biden dan sejumlah negara yang tergabung di G7 menyetujui selama KTT yang berlangsung selama 3 hari di Jerman untuk melarang impor emas baru dari Rusia.

Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris sudah berhenti mengimpor minyak Rusia, sementara para pemimpin Uni Eropa menyetujui larangan yang akan berlaku penuh pada akhir 2022 sebagai bagian dari sanksi yang dikenakan pada Moskow atas invasi ke Ukraina. [ml/ofr]

Iran-Uni Eropa Sepakat Lanjutkan Negosiasi Perjanjian Nuklir

GAZAMEDIA, TEHERAN – Iran dan Uni Eropa sepakat untuk melanjutkan negosiasi yang bertujuan menghidupkan kembali perjanjian nuklir 2015 dalam beberapa hari mendatang, Sabtu (25/6/2022)

Menteri Luar Negeri Iran Hossein, Amir Abdollahian mengatakan, “Tehran siap melanjutkan pembicaraan nuklir, hal yang penting bagi kami adalah mengambil keuntungan ekonomi penuh antar keduabelah pihak dari perjanjian 2015 ini.”

Sementara itu, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell menyatakan optimismenya tentang masa depan negosiasi, mencatat bahwa ia telah mengadakan pertemuan “positif” dengan menteri Iran. [ml/ofr]

Tuai Kemarahan Warga Indonesia, Holywings Dikecam karena Promo Miras Mengatasnamakan Muhammad dan Maria

GAZAMEDIA, JAKARTA – Pihak Kepolisian Indonesia umumkan penangkapan 6 orang yang bekerja sebagai karyawan salah satu bar dan klub malam atas tuduhan SARA di tengah gelombang kemarahan warga Indonesia terhadap penghinaan atas Muhammad dan Maria dalam produksi minuman alkoholnya, Sabtu (25/6/2022).

Massa berdemo di depan sebuah bar Holywings termasuk di Kota Bogor dan Jakarta Selatan dan beberapa cabang Holywings lainnya setelah memposting sebuah iklan melalui media sosial yang kemudian dihapus karena menawarkan alkohol gratis kepada siapa pun yang menyandang nama Muhammad atau Maria.

Para pengunjuk rasa menuntut agar manajemen Holywings bertanggung jawab atas tindakan ini dan diadili karena menghina umat Islam dan Kristen.

4 organisasi pemuda nasional di Indonesia termasuk Gerakan Pemuda GP Ansor Nahdatul Ulama lakukan konvoi menuju bar tersebut dan menyegelnya, serta aksi beberapa organisasi masyaarakat Islam yang tersebar di beberapa kota termasuk Surabaya turut mengecam tindakan pennistaan oleh Holywings. [as/nb]

Malaysia Larang Film Disney Lightyear Tayang karena Tampilkan Homoseks

GAZAMEDIA, KUALA LUMPUR – Malaysia memutuskan untuk melarang perilisan film Disney baru (Lightyear) setelah perusahaan tersebut menolak untuk menghapus adegan yang mengandung homoseksualitas. Sabtu (25/6/2022).

Disney menekankan penolakannya untuk menghapus adegan itu dari film animasi barunya, setelah dilarang di sekitar 14 negara Arab selama beberapa hari terakhir.
Film animasi tersebut memicu kontroversi sehubungan dengan perilisannya yang semakin dekat di bioskop-bioskop di seluruh dunia, mulai hari ini, 16 Juni. [as/nb]

Selama Bennet Menjabat, Penggusuran Properti Milik Warga Palestina Meningkat 62%

GAZAMEDIA, AL-QUDS – Organisasi B’Tselem “Israel” menyatakan pemukiman ilegal yang dibangun di atas tanah Palestina di Tepi Barat meningkat sebesar 62% selama periode “pemerintahan” Naftali Bennett dan Yair Lapid.

Dalam sebuah laporan, organisasi tersebut mengatakan, “Pembangunan unit pemukiman ilegal termasuk di Al-Quds melonjak 62% selama periode pemerintahan Bennett-Lapid.”

Laju pembongkaran rumah dan properti milik warga Palestina meningkat 35% selama periode pemerintahan saat ini dibandingkan dengan pemerintah sebelumnya, ketika 6 komplek pemukiman ilegal berhasil berdiri pada periode pemerintahan saat ini.

Pada Senin malam mendatang, diketahui Bennett akan menyerahkan sertijab ke perdana menteri alternatif yang sebelumnya merupakan Menteri Luar Negeri, Yair Lapid setelah kesepakatan mereka membubarkan parlemen Knesset.

“Israel” mengumumkan pemilihan ulangakan berlangsung pada 25 Oktober atau pada 1 November mendatang. [ml/ofr]

Ismail Haniyah Bertemu Presiden Lebanon Michel Aoun

GAZAMEDIA, BEIRUT – Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh dan delegasi dari pimpinan Hamas bertemu dengan Presiden Republik Lebanon, Jenderal Michel Aoun, Jumat pagi waktu setempat (24/6/2022).

Haniyah mengabarkan perkembangan yang terjadi di Palestina, Al-Quds dan Masjid Al-Aqsa atas pelanggaran berulang yang dilakukan “Israel” penjajah terhadap hak kemanusiaan dan situs suci milik umat Islam dan Kristen.

Haniyah dalam pertemuan tersebut juga menyinggung tentang perubahan politik wilayah kawasan dan menyinggung upaya membentuk kembali melalui pintu normalisasi, yang membutuhkan penguatan posisi Arab dalam menghadapi tantangan tersebut.

Sementara itu Aoun menyambut baik delegasi Hamas, menekankan sikap tegas Libanon di pihak rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil.

Aoun memuji prestasi pejuang Hamas dan ketabahan Palestina dalam menghadapi penjajahan oleh “Israel”. [ml/ofr]

Rusia Rebut Kota Baru di Ukraina Timur

GAZAMEDIA, MOSKOW – Tentara Rusia mengumumkan kendali penuh atas kota strategis Severodonetsk di Ukraina Timur, Jumat (24/6/2022).

Gubernur Provinsi Lugansk, Sergey Gaidai menyatakan tentara Ukraina di Severodonetsk telah menerima perintah mundur ke benteng tempur tanpa menentukan persetujuan oleh pihak Rusia.

Gaidai mengatakan, “Pasukan Rusia hampir setiap hari bombardir wilayah ini selama 4 bulan berturut-turut, 90% rumah warga sipil rusak.”

Penarikan Ukraina dari Severodonetsk menyusul berminggu-minggu pengeboman dan pertempuran dengan pasukan Rusia dan separatis di jalan-jalan kota. [ml/ofr]

Anggota Parlemen AS Desak Biden Ungkap Penyelidikan Pembunuhan Jurnalis Shireen

GAZAMEDIA, WASHINGTON – 24 anggota Demokrat dari Senat AS mengirim surat kepada Presiden Joe Biden, memintanya untuk terlibat langsung dalam penyelidikan pembunuhan jurnalis Al-Jazeera, Shireen Abu Akleh di Tepi Barat, Kamis (23/6/2022).

Anggota parlemen Demokrat mengatakan dalam sebuah surat kepada Biden, “Jelas bahwa tidak ada pihak yang mempercayai yang lain untuk melakukan penyelidikan independen dan efektif atas pembunuhan Shirin Abu Aqleh yang terbunuh saat meliput penyerbuan pasukan penjajah di Kamp Jenin pada 11 Mei”.

Para legislator menegaskan sejauh ini belum ada kemajuan yang jelas dalam penyelidikan independen, komprehensif dan transparan mengenai pembunuhan jurnalis keturunan Amerika-Palestina, Shireen Abu Aqleh.

Perwakilan Partai Demokrat menyebutkan dalam surat mereka, 57 anggota Dewan Perwakilan Rakyat juga meminta FBI bulan lalu meluncurkan penyelidikan independen menemukan kebenaran tentang pembunuhan reporter Al-Jazeera tersebut.

Sejumlah anggota partai bahkan menandatangani surat tersebut, menegaskan keterlibatan mereka untuk mengusut tuntas masalah ini, yang mereka katakan telah menjadi hal mendesak dati beberapa tuntunan pers dengan mencuatnya informasi baru atas pembunuhan Abu Shireen dalam beberapa minggu terakhir. [ml/ofr]

Normalisasi UEA-“Israel”, Pesawat Emirat Mendarat di “Bandara Ben Gurion”

GAZAMEDIA, AL-QUDS – Pesawat Emirates milik pemerintah Dubai mendarat untuk pertama kalinya di “Bandara Ben Gurion, Tel al-Rabee Israel” menandai sebagai persemian peluncuran penerbangan harian antara kedua belah pihak secara normalisasi, Kamis (23/6/2022).

Emirates Airlines di Twitter menyebutkan, “Mendarat .. Kami secara resmi telah tiba di tujuan baru “Tel Aviv.”

Pesawat tersebut adalah Boeing 777 yang mencakup VIP Kelas Satu dengan jendela virtual.

“Saya berharap rute udara baru ini akan membuka jalur peluang baru bagi rakyat kita dan memperkuat hubungan antara kedua negara,” kata duta besar UEA untuk “Israel”, Mohammed Al Khaja. “Terima kasih Emirates Airlines sudah membuka rute ini, dan selamat atas keberhasilanmu.”

Patut dicatat UEA dan “Israel” secara resmi menormalkan hubungan pada tahun 2020, sejak tanggal tersebut kedua belah pihak menandatangani banyak perjanjian di berbagai bidang. [ml/ofr]

Upaya Turki Padamkan Kebakaran Hutan Selama 3 Hari Berturut-turut

GAZAMEDIA, ANKARA – Tim pemadam kebakaran Turki terus memadamkan kebakaran yang terjadi Selasa di hutan di negara bagian Mugla, Mediterania Barat. Lebih dari 270 orang dievakuasi di dekat sebuah resor wisata di barat daya negara tersebut, Jumat (24/6/2022).

Petugas pemadam kebakaran berusaha menahan kebakaran hutan dari darat dan udara pada Jumat pagi, dengan api terus berkobar masuki hari ketiga karena angin kencang yang menyebabkan api sulit dipadamkan.

Rekaman menunjukkan asap mengepul dari perbukitan, saat api menyebar melalui hutan di daerah yang jarang berpenduduk, sementara helikopter menyemprot air ke api.

Pemandangan hutan yang terbakar di dekat resor Aegean Marmaris di negara bagian Mugla telah menimbulkan kekhawatiran akan terulangnya kebakaran tahun lalu yang menghancurkan sekitar 340 ribu hektar di seluruh wilayah tersebut. [nb/as]