Tekno

Hacker Curi $100 Juta Dolar Uang Kripto

GAZAMEDIA, NEW YORK – Perusahaan crypto AS Harmony mengungkapkan bahwa sekelompok peretas mencuri cryptocurrency senilai $ 100 juta dari salah satu produk utamanya, yang terbaru dari serangkaian pencurian dunia maya di sektor yang telah menjadi sasaran peretas selama beberapa waktu, Sabtu (25/6/2022).

Harmony adalah startup crypto yang mengembangkan apa yang disebut keuangan terdesentralisasi untuk situs yang menawarkan pinjaman dan layanan lain seperti token yang tidak dapat dipertukarkan di Internet, jauh dari perbankan non-tradisional.

Pihak manajemen belum memiliki informasi terperinci tentang bagaimana pencurian itu terjadi, menambahkan dalam tweet di Twitter bahwa mereka bekerja dengan pihak berwenang dan spesialis untuk mengidentifikasi pelaku dan memulihkan dana yang dicuri.

Perusahaan di sektor crypto menderita pencurian dengan jembatan blockchain yang semakin ditargetkan karena lebih dari $ 1 miliar cryptocurrency telah dicuri sejauh ini sejak awal 2022, menurut perusahaan analisis keuangan yang berbasis di London Elliptic. [as/nb]

Hacker Curi $100 Juta Dolar Uang Kripto Read More »

Google Ungkap Adanya Program Spyware Italia Retas Ponsel Apple

GAZAMEDIA, TEKNO – Google umumkan bahwa alat peretasan perusahaan Italia digunakan untuk memata-matai Apple dan ponsel Android di Italia dan Kazakhstan, Jumat (24/6/2022).

Dalam laporannya, Google mengatakan, “Laboratorium Milan yang berspesialisasi dalam layanan komunikasi mengklaim di situs webnya bahwa lembaga penegak hukum Eropa meliputi di antara pelanggannya telah mengembangkan alat untuk memata-matai pesan dan komunikasi perangkat yang ditargetkan.”

Laporan tersebut muncul pada saat regulator komunikasi Eropa dan AS sedang mencari kemungkinan untuk memberlakukan aturan baru pada penjualan dan impor spyware.

Perusahaan ini mengizinkan alat peretasan berbahaya untuk berkembang biak dan mempersenjatai mereka ke pemerintah yang tidak dapat mengembangkan kemampuan ini secara lokal. [ml/ofr]

Google Ungkap Adanya Program Spyware Italia Retas Ponsel Apple Read More »

Google Hukum seorang Enginer yang Bocorkan Informasi Seputar Robot Cerdas

GAZAMEDIA, CALIFORNIA – Seorang enginer Google terpaksa menjalani hukuman setelah dikonfirmasi bocorkan informasi pengemban robot kecerdasan buatan yang smemiliki pikiran dan perasaan seperti manusia.

Google memutuskan untuk memberi insinyur teknologi Blake Lemoine, yang berspesialisasi dalam sistem “kecerdasan buatan” dengan menskorsnya minggu lalu, setelah yang terakhir mempublikasikan percakapan antara dia dan robot “lambda” milik perusahaan.

Robot ini adalah gambaran dari bahasa aplikasi percakapan yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika untuk membangun komunikasi instan dengan pengguna, menurut “The Guardian”.

Lemoine menggambarkan sistem ini, yang telah dia kerjakan sejak musim gugur lalu sebagai sistem “sadar” dengan kemampuan mengekspresikan pikiran dan perasaan yang setara dengan kemampuan seorang anak.

“Jika saya tidak tahu persis apa sistem yang kami buat baru-baru ini, saya akan mengira itu adalah anak berusia 7 atau 8 tahun yang kebetulan mengetahui fisika,” kata Lemoine dalam siaran pers ungkapakan kekagumannya atas robot tersebut. [ml/ofr]

Google Hukum seorang Enginer yang Bocorkan Informasi Seputar Robot Cerdas Read More »

Diam-diam Apple Lindungi Android agar Tidak Dilacak Peretas

GAZAMEDIA, CALIFORNIA – Apple resmi luncurkan aplikasi pemindai untuk perangkat pelacak, “Air Tag” di AppStore Google Play dengan nama “Tracker Detect”, bertujuan untuk membantu pemilik ponsel Android mencegah upaya pelacakan dan peretasan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Apple telah mengembangkan jaringan lokasi “WareE” menggunakan komputer tablet iPhone dan iPad, teknologi Bluetooth, dan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi untuk mencari barang, mulai dari tas, sepeda, hingga gantungan kunci.

Proses penentuan lokasi dilakukan melalui aplikasi “Ware is” di smartphone atau tablet, dan alat pelacaknya sangat kecil (berdiameter 3 cm dan berat hanya 11 gram).

Baterai sel seperti kancing ini bertahan sekitar satu tahun untuk mengoperasikannya ditambah lagi terlindungi dari debu, kotoran, dan cipratan air, privasi dan Pencegahan Pelacakan.

Penemuan ini memungkinkan banyak penipu untuk melacak objek dengan cara curang, seperti menempatkan perangkat “Air Tag” di salah satu tas atau handphone orang yang akan dilacak tanpa sepengetahuan pengguna. [ml/ofr]

Diam-diam Apple Lindungi Android agar Tidak Dilacak Peretas Read More »

Kerentanan Perangkat iPhone Memungkinkan Hacker Retas Ponsel Pengguna

GAZAMEDIA, CALIFORNIA – Apple rilis pembaruan darurat perbaiki bug kritis di iPhone yang memungkinkan peretas menggunakan bug ini untuk mengambil alih perangkat pengguna.

 

Apple menyatakan, “Dua bug memungkinkan aplikasi jahat untuk mengeksekusi kode arbitrer melalui jalur tertentu yang diizinkan dalam kerentanan versi baru.”

 

Kerentanan ini disebut “kerentanan zero-day,” yang berarti bahwa bug itu ada dan kemungkinan dieksploitasi sebelum perbaikan tersedia, dan tidak diketahui apa yang mungkin terjadi saat pengguna menjalankan aplikasi di iPhone [ml/as/ofr]

Kerentanan Perangkat iPhone Memungkinkan Hacker Retas Ponsel Pengguna Read More »

8,6 Triliun Rupiah Koin Ethereum Berhasil Dicuri Para Hacker

GAZA MEDIA, – Peretas berhasil menyusup ke Ronin, jaringan sampingan berbasis Ethereum melalui jaringan operasi Sky Mavis yang terhubung dengan game Internet populer Axis Infinity, pasca dilaporkan dalam kejahatan terbaru yang menghantam sektor aset digital, Rabu (30/3/2022).

Para peretas mencuri sekitar 173.000 koin Ethereum senilai hampir 615 juta USD atau konversi ke rupiah menjadi 8’6 Triliun, yang menjadikan kejadian itu sebagai salah satu aksi kriminal pencurian terbesar dalam catatan tahun ini.

Menurut penyelidikan yang dilakukan, peretasan memanfaatkan kode kunci pribadi untuk memalsukan transaksi dengan melihat salinan dompet peretas yang mengindikasikan bahwa uang itu masih ada di dompet pemilik koin. [ml/as/ofr]

8,6 Triliun Rupiah Koin Ethereum Berhasil Dicuri Para Hacker Read More »

Turki Kembangkan Satelit Chip Anti-Jamming Terkecil di Dunia

GAZAMEDIA, ANKARA – Perusahaan Turki “Talcom” Electronics berhasil mengembangkan perangkat anti-jamming terkecil di Dunia berkontribusi menyediakan operasi aman dari produk industri pertahanan.

 

Perangkat yang dikembangkan para insinyur Turki adalah salah satu produk baru dan ambisius yang memberikan solusi inovatif melindungi Sistem Satelit Navigasi Global dari gangguan perangkat lain.

 

Ahmed Saleh Ardam, Deputy General Manager perusahaan, menyatakan bahwa peperangan elektronik mengharuskan industri pertahanan untuk memproduksi perangkat anti-jamming dan penetrasi untuk memberikan operasi yang aman, mencatat bahwa perusahaannya memulai pekerjaannya dengan memproduksi pickup dan penerima sinyal.

 

Seperti yang dikutip dari penelitian mahasiswa Universitas Telkom Bandung, Fadillah Achmad menyebutkan Jamming membahayakan sistem komunikasi untuk perangkat terbang terutama drone, peluru kendali dan pesawat terbang, karena menimbulkan bahaya besar jika perangkat tersebut jatuh atau disalahgunakan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi anti-jamming untuk perangkat terbang menjadi penting.

 

Dengan merancang teknologi anti-jamming untuk sistem komunikasi perangkat terbang diperlukan menggunakan anti-jamming aktif dan pasif. Anti-jamming aktif dirancang menggunakan teknik frequency hopping spread spectrum (FHSS) dengan modulasi Gaussian frequency shift keying (GFSK). Sedangkan, anti-jamming pasif dirancang menggunakan material electromagnetic shielding fabric sebagai pelindung perangkat komunikasi.  [ml/as/terj. af]

Turki Kembangkan Satelit Chip Anti-Jamming Terkecil di Dunia Read More »

Metaverse Dukung Pendirian Kota Shopping Digital Pertama di Dunia

GAZAMEDIA – Perusahaan “Trade Valley” Turki sedang bersiap membuka kota digital virtual untuk berbelanja melalui teknologi “Metaverse”, yang telah menjadi prioritas utama untuk kepentingan para pemimpin perdagangan global.

Kota yang disebut “Meta Valley”, mensimulasikan landmark terkenal di sejumlah kota Arab, di mana menara ibukota Qatar, Doha, Palm Island Dubai, dan landmark lain dari Saudi, Turki, dan kota-kota lain muncul di sana.

Pergerakan komersial di kota virtual aktif pada 3 tingkat, yaitu perdagangan grosir, pasokan dan belanja eceran melalui merek-merek elektronik branded besar. Di samping itu, terdapat pameran besar dan ruang pertemuan, teater virtual yang disiapkan untuk menyelenggarakan konferensi, kuliah, dan lokakarya.

Kota pertama yang dibangun di dunia metaverse ini akan dibagi menurut kategori produk yang ditawarkan di setiap bagiannya, seperti fashion, aksesoris, makanan, dan lain-lain.

Mall kota digital memberikan peluang belanja dan penawaran penuh bagi metaverse, sehingga pelanggan memiliki karakter virtual (avatar) sendiri dengan mengunjungi pameran dan bertemu peserta lain. Juga dapat berbicara secara langsung menggunakan teknologi realitas virtual atau dikenal dengan “VR”. Diketahui perjanjian komersial ini nantinya ditandangani dengan pembuktian di setiap pembelian penjualan dan pengiriman barang. [ml/as/terj.nb]

Metaverse Dukung Pendirian Kota Shopping Digital Pertama di Dunia Read More »

Pelajar Mesir Ciptakan Kursi Roda yang Dikendalikan Sinyal Otak

GAZA MEDIA, – Pelajar asal Mesir, Abdel Rahman Omran ciptakan kursi roda yang bekerja dengan sinyal otak bertujuan membantu pasien lumpuh dalam menggunakan kursi roda tanpa bantuan.

 

Omran mengatakan dalam sebuah wawancara pers: “Ada masalah besar yang dihadapi pasien lumpuh, yaitu mereka tidak dapat menggerakkan anggota tubuh mereka, dan oleh karena itu mereka tidak dapat menggunakan kursi listrik yang saat ini ada di pasaran.”

 

Peneliti menambahkan: “Tim kami tengah mengembangkan kursi roda yang bekerja melalui gelombang otak melalui perangkat yang ditempatkan di kepala pengguna dan mengirimkan gelombang atau sinyal ke kursi, dan melalui gelombang, pasien dapat menggerakkan kepalanya ke arah yang diinginkannya untuk memindahkan arah laju kursi tersebut.” []

Pelajar Mesir Ciptakan Kursi Roda yang Dikendalikan Sinyal Otak Read More »

Galactic Buka Perjalanan Wisata ke Luar Angkasa, Tiket 450 Ribu Dolar Per Orang

Gazamedia.net – Virgin Galactic, perusahaan pariwisata luar angkasa umumkan pembukaan tiket penerbangan menembus langit dengan estimasi waktu 90 menit.

“Kami berencana mengumpulkan 1.000 pelanggan pertama layanan komersial akhir tahun ini. Dengan demikian kami memiliki landasan yang kuat untuk memulai penerbangan reguler dan memperluas armada kami,” kata CEO Galactic, Michael Colgladier dalam pernyataannya.

Reservasi penerbangan dari perusahaan juga menyediakan akses keanggotaan komunitas astronot masa depan, yang dirancang dan dikuratori untuk menghadirkan inspirasi, kegembiraan, dan petualangan, mulai dari saat tiket dibeli hingga penerbangan luar angkasa.

Menurut laporan sementara, harga tiket tunggal adalah 450 ribu dolar dengan uang muka 150 ribu dolar. Penerbangan dimulai pada akhir tahun ini, di mana para pelancong disuguhkan suasana bebas nikmati cahaya di gravitasi nol. []

Galactic Buka Perjalanan Wisata ke Luar Angkasa, Tiket 450 Ribu Dolar Per Orang Read More »