Palestina Tepi Barat

Operasi Pencurian di Tepi Barat, Pasukan “Israel” Lepas Timah Panas dan Bakar Kendaraan Milik Warga

GAZAMEDIA, TEPI BARAT – Seorang pemuda terluka oleh peluru pasukan penjajah “Israel” selama bentrokan di kota Nablus, bertepatan dengan operasi penangkapan besar-besaran di Kota Jenin, Tepi Barat, Kamis dini hari (3/3/2022).

Menurut sumber lokal, pasukan penjajah dengan sejumlah besar jeep milter menyerbu kota Nablus dan desa sekitar melakukan operasi pencurian dan penggrebekan rumah warga.

Tindakan keji pasukan penjajah mendapat perlawanan dari sejumah pemuda Palestina. Bom molotov dan batu menjai senjata utama warga mengusir keberadaan penjajah.

Menurut sumber yang bersangkutan, pasukan penjajah menangkap sejumlah warga termasuk Nasr Mabrouka, saudara laki-laki dari Adham, pemuda Palestina yang syahid beberapa waktu lalu dibunuh oleh pasukan khusus penjajah “Israel” di pusat kota Nablus bersama dengan dua pemuda lainnya.

Tahanan yang dibebaskan, Suhaib Thabet dari kota Beit Dajan sebelah Timur Nablus juga ditangkap.

Di Jenin, bentrokan bersenjata dengan kekerasan pecah antara warga setempat dengan pasukan penjajah “Israel” yang menyerbu kota dan menangkap 4 pemuda Palestina.

Saksi mata melaporkan, unit khusus menyusup ke lingkungan Jenin menggunakan kendaraan bernomor polisi Palestina. Setelah memasuki beberapa gedung tinggi dan rumah yang menghadap ke lingkungan operasi penangkapan, 20 pasukan intel “Israel” bersamaan menyerbu kota dari semua lini dan mengepung Distrik Timur, Al Suha, dan Jabal Abu Dheer dengan tindakan brutal dan sadis.

Di lain sisi, seorang pejuang Palestina berhasil melepaskan tembakan ke pasukan penjajah “Israel” yang kemudian mendapat serangan baliki dengan menembaki mereka di tengah bentrokan dan konfrontasi yang memanas.

Pasukan khusus “Israel” berhasil menangkap tahanan Palestina yang baru dibebaskan, Moamen Thouqan dan Thaer Tabsir Alawneh di mana pernikahannya dijadwalkan Jumat besok.  Serta  menangkap Fathi Al-Atoum, Majed Melhem, yang keduanya ditangkap setelah menggerebek rumahnya di kota Kafr Ra’i, Distrik Jenin, Tepi Barat.

Selain mencuri pemuda Palestina, pasukan penjajah “Israel” juga membakar kendaraan sipil warga yang diparkir di dekat Sekolah Syuhada Abu Ammar di Jabal Abu Dhair, yang menyebabkan kebakaran di lokasi dan kerugian materil yang signifikan. [ml/as/terj.ofr]