Pakar PBB : Israel Sengaja Berlakukan Kelaparan di Gaza

Pelapor khusus PBB untuk hak atas pangan, Michael Fakhri, telah memperingatkan bahwa semua anak balita di Gaza tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan berisiko mengalami gangguan fisik dan kognitif secara permanen. (Selasa, 23 January 2024)

“Kami belum pernah melihat 2,2 juta warga sipil dibuat kelaparan dalam beberapa minggu. Kami belum pernah melihat tingkat kelaparan seperti ini digunakan sebagai senjata dengan begitu cepat dan begitu lengkap,” kata Fakhri.

“Ada blokade selama 16 tahun sebelum ini. Jadi, bahkan sebelum perang, separuh dari penduduk Gaza mengalami kerawanan pangan dan 80 persen bergantung pada bantuan,” katanya.

“Kemudian [Israel] memberlakukan pengepungan selama perang. Kemudian menghancurkan infrastruktur sipil. Jadi Israel telah menghancurkan rumah sakit, rumah, jalan, membuat kehidupan sehari-hari menjadi tidak mungkin. Dan terakhir, yang saya terima laporannya adalah penghancuran sistem pangan itu sendiri,” tambahnya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengumumkan pada tanggal 9 Oktober bahwa makanan, air, bahan bakar, dan obat-obatan tidak akan diizinkan masuk ke Gaza.

Source: MEE
Writer/Translator: @kuntariaii