Internasional

Rencana NATO Kerahkan Pasukan Tambahan di Eropa Timur & Wilayah Perbatasan Ukraina

Gazamedia.net – Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengkonfirmasi telah menugaskan para pemimpin militernya menyusun rencana detail kerahkan kelompok tempur mereka di sisi Tenggara aliansi. Kebijakan tersebut dalam rangka menanggapi pembentukkan militer Rusia di perbatasan Ukraina, Rabu (16/2).

Stoltenberg mengatakan dalam pernyataan pers : “Aliansi sedang mempertimbangkan proses penempatan kembali pasukannya di wilayah Timur Eropa dan penempatan titik landasan rudal, jika disetujui, unit tempur baru akan dikerahkan di Rumania dan wilayah Laut Hitam.”

Ia menambahkan aliansi tidak melihat tanda-tanda de-eskalasi di lapangan atau penarikan pasukan Rusia. Terlihat bahwa Moskow sedang mencoba menciptakan kesepakatan baru menggunakan kekuatan militer menantang prinsip kedaulatan di Eropa.

Sementara itu, Moskow menggambarkan posisi NATO adalah salah. Menuduh aliansi tersebut memiliterisasi wilayah Laut Hitam, dan mengeksploitasi krisis dengan Ukraina untuk memperkuat kehadiran militernya di Eropa Timur. Hal ini dilakukan sambil menyambut kesiapan Washington untuk berdialog dengannya. [terj/AF].