Internasional Politics

Rusia Larang 29 Warga Amerika Masuki Wilayahnya

GAZAMEDIA, MOSKOW – Rusia melarang 29 pejabat AS memasuki wilayahnya, sebagai pembalasan atas sanksi Washington yang dijatuhkan pada Moskow atas invasinya ke Ukraina. Kamis (21/4/2022).

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Mereka yang dikenai sanksi akan dicegah memasuki wilayah Rusia untuk waktu yang tidak terbatas.”

Daftar sanksi Rusia termasuk Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris dan suaminya Doug Imhoff, Wakil Menteri Pertahanan Pertama Kathleen Hicks, Wakil Ketua Kepala Staf Gabungan Christopher Grady, juru bicara Pentagon John Kirby, dan juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price.

Moskow juga memberlakukan sanksi terhadap sejumlah pejabat Gedung Putih, pakar, jurnalis dan pengusaha, termasuk Ketua Dewan Direksi “Meta” (sebelumnya Facebook) Mark Zuckerberg.

Daftar itu termasuk nama-nama kepala sejumlah perusahaan Amerika yang dituduh Moskow “terlibat dalam pengembangan dan produksi senjata dan peralatan militer.”

Washington telah menjatuhkan sanksi pada beberapa pejabat Rusia dan pengusaha “oligarki” karena diduga mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin dalam perangnya melawan Ukraina.

Patut dicatat bahwa pada tanggal 24 Februari, Rusia melancarkan serangan ke Ukraina, diikuti oleh penolakan internasional dan sanksi ekonomi yang berat terhadap Moskow, yang menetapkan sanksi agar Rusia mengakhiri operasinya dan kota Kyiv membatalkan rencana untuk bergabung dengan entitas militer dan mematuhi netralitas, yang dianggap sebagai yang “campur tangan” terakhir dalam kedaulatannya. [ar/nb]