Indeks Regional

Share INH Buka Posko Kesehatan untuk Penyintas Erupsi Semeru di Lumajang

GAZAMEDIA, LUMAJANG – Lembaga kemanusian Internasional Networking for Humanitarian (INH) melalui Sahabat Relawan INH (Share INH) Jawa Timur hingga saat ini masih konsisten melakukan pendampingan terhadap korban erupsi gunung Semeru, Lumajang Jawa Timur. Rencananya, untuk mengurangi beban penderitaan Share INH akan membuka posko kesehatan bagi warga masyarakat setempat.

Koordinator Share INH Jawa Timur, Seffyana Wisma Rini mengatakan, tingginya angka penyakit yang diderita oleh penyitas erupsi Semeru, membuat lembaganya tergerak untuk memberikan pelayanan kesehatan  bagi penyintas korban erupsi Semeru.  Rencananya posko kesehatan itu akan dibuka esok pada tanggal 19 hingga 21 Januari 2021.

“Insya Allah kami akan membuka posko kesehatan dengan mendatangkan tim medis, dan memberikan obat-obatan secara gratis bagi warga korban erupsi, ” kata Seffyana Wisma Rini Koordinator Share INH, Jawa Timur, Selasa (18/1).

Wanita yang akrab di Panggil Seffy ini menjelaskan, bentuk pelayanan medis yang dilakukan nantinya seperti Medical Check Up (MCU), dan pemberian obat secara gratis bagi warga setempat.

Untuk wilayah yang akan dijadikan lokasi pelayanan kesehatan Sahre INH meliputi desa Sumber Mujur dan Sumber Wuluh yang berada di Kecamatan Candipuro.

“Dari assessment kami banyak anak-anak yg terkena sakit kulit, seperti bintik hitam dan kulit ditelapak tagan terkupas,” jelasnya.

Dalam program pelayanan kesehatan ini Share INH berkerjasama dengan 2 dokter dari Jakarta dan beberapa petugas medis lainya.

“Mudah-mudahan apa yang kita rencanakan bisa berjalan lancar, mohon dukunganya kepada masyarakat Indonesia pada umumnya,” tutup Seffy. []