Indeks Internasional

Turki Bantah Tuduhan Dukung Ukraina dengan Pesawat Drone

GAZAMEDIA, ANKARA – Wakil Menteri Luar Negeri Turki, Yavuz Selim Kiran menegaskan, pengiriman pesawat tak berawak/drone Turki ke Ukraina bukanlah bantuan militer, melainkan hasil kesepakatan kerjasama antar pihak swasta. Kamis (3/3/2022).

Asisten Menteri Luar Negeri Turki menyatakan dalam wawancara pers, sebelumnya Kiev telah membeli perangkat militer dari Bayraktar, perusahaan pertahanan swasta Turki. Menekankan bahwa kesepakatan antara kedua pihak tidak mewakili kesepakatan antara pemerintah Ukraina dan Turki.

Pada gilirannya, Ankara yang memiliki perbatasan laut dengan Rusia dan Ukraina dan hubungan baik dengan kedua belah pihak mengkritik perang Rusia di Ukraina, tetapi menghindari kritik keras terhadap Moskow, dan bergabung dengan negara-negara Barat dalam menjatuhkan sanksi terhadapnya.

Patut dicatat bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Kiev bulan lalu, sehingga dugaan kesepakatan dengan pejabat Ukraina dalam produksi pesawat Bayraktar TB-2 di membuat marah Moskow. [ml/terj.ofr]