Internasional

Turki Buru Kelompok Teroris di Perbatasan Irak Utara

GAZAMEDIA, ANKARA – Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akkar umumkan peluncuran operasi militer baru hadapi Partai Aksi Kurdistan di wilayah Metina, Zab dan Afashin Bassian, Irak Utara. Senin (18/4/2022).

Akkar mengatakan dalam pernyataan pers: “Angkatan bersenjata kami luncurkan Operasi Claw Lock mentargetkan teroris di Irak Utara dengan tujuan mencegah serangan teroris terhadap rakyat kami dan pasukan kami dan memastikan keamanan di wilayah perbatasan”.

Dia menjelaskan bahwa angkatan udara membom tempat persembunyian, gua, terowongan, gudang amunisi, dan markas besar Partai Buruh.

Beberapa hari yang lalu, pasukan komando Turki selama lakukan operasi bersenjata di Irak utara menemukan 45 ribu putir senapan, 48 bom, 46 peluru Dushka, dan 9 peluru anti-tank yang disembunyikan teroris ISIS.

Patut dicatat, Partai Buruh Kurdistan berhasil kuasai Pegunungan Qandil di Irak Utara sebagai benteng dan basis mereka ke pedalaman Turki dengan tujuan mendirikan negara Kurdi di perbatasan Turki-Irak. [ml/ofr]