Indeks Tekno

Turki Kembangkan Satelit Chip Anti-Jamming Terkecil di Dunia

GAZAMEDIA, ANKARA – Perusahaan Turki “Talcom” Electronics berhasil mengembangkan perangkat anti-jamming terkecil di Dunia berkontribusi menyediakan operasi aman dari produk industri pertahanan.

 

Perangkat yang dikembangkan para insinyur Turki adalah salah satu produk baru dan ambisius yang memberikan solusi inovatif melindungi Sistem Satelit Navigasi Global dari gangguan perangkat lain.

 

Ahmed Saleh Ardam, Deputy General Manager perusahaan, menyatakan bahwa peperangan elektronik mengharuskan industri pertahanan untuk memproduksi perangkat anti-jamming dan penetrasi untuk memberikan operasi yang aman, mencatat bahwa perusahaannya memulai pekerjaannya dengan memproduksi pickup dan penerima sinyal.

 

Seperti yang dikutip dari penelitian mahasiswa Universitas Telkom Bandung, Fadillah Achmad menyebutkan Jamming membahayakan sistem komunikasi untuk perangkat terbang terutama drone, peluru kendali dan pesawat terbang, karena menimbulkan bahaya besar jika perangkat tersebut jatuh atau disalahgunakan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi anti-jamming untuk perangkat terbang menjadi penting.

 

Dengan merancang teknologi anti-jamming untuk sistem komunikasi perangkat terbang diperlukan menggunakan anti-jamming aktif dan pasif. Anti-jamming aktif dirancang menggunakan teknik frequency hopping spread spectrum (FHSS) dengan modulasi Gaussian frequency shift keying (GFSK). Sedangkan, anti-jamming pasif dirancang menggunakan material electromagnetic shielding fabric sebagai pelindung perangkat komunikasi.  [ml/as/terj. af]