Indeks Internasional

Umat Hindu Kepung Sebuah Masjid di India

GAZAMEDIA, KARNATAKA – Kelompok aktivis di media sosial mengedarkan video demonstrasi sejumlah ummat Hindu di sekitar sebuah masjid di negara bagian Karnataka, India.

 

Wartawan India “Irshad Muhammad” menyatakan bahwa demonstrasi tersebut adalah pawai politik yang diselenggarakan oleh politisi sayap kanan dan anggota parlemen India “Tejasvi Surya”, aksi tersebut seharusnya berbaris dari kota Bangalore ke kota Koller di negara bagian Karnataka.

 

Saat pawai sampai di sekitar masjid “Hussein Makan” di kota Koller, para peserta, seperti yang terlihat dalam video, mulai membuat keributan, berteriak, bahkan menari dan bernyanyi di sekitar masjid.

 

Pada gilirannya, aktivis “Amina Kawthar” menyerang anggota parlemen India “Tejasvi Surya”, mengatakan bahwa “ke mana pun ia pergi, ia akan menyebarkan Islamofobia,” ia menambahkan bahwa “inilah cara mayoritas gerakan Hindu sayap kanan berurusan dengan minoritas dan tempat ibadah mereka di India.”

 

Dalam konteks yang sama, platform komunikasi India ramai setelah rilis desainer aplikasi “Sully Deals”, yang didedikasikan menampilkan gambar karakter dan gadis Muslim untuk dijual, setelah akhirnya ia ditangkap beberapa bulan lalu.

 

Media India melaporkan pernyataan dari pejabat di pengadilan negara bagian India Delhi – yang membebaskannya dengan jaminan, membenarkan bahwa alasan pembebasannya adalah bahwa ia “melakukan kejahatan untuk pertama kalinya”, serta bahwa ia akan tetap berada di bawah hukuman, penyelidikan dan menunggu persidangan segera. [ml/as/terj. af]