Thursday, September 19, 2024
HomeHeadline"Saya ingin mereka menyukai saya," kata bekas tawanan Israel di Gaza

“Saya ingin mereka menyukai saya,” kata bekas tawanan Israel di Gaza

"Mereka ingin kita melihat mereka sebagai manusia, dan kami ingin mereka melihat kami sebagai manusia. Jadi, percakapan tentang keluarga, tentang kehidupan kita segera dimulai, dan itu berhasil"

Warga Israel bekas tawanan Hamas di Gaza, Liat Beinin Atzili berbagi pengalaman “manisnya” dalam wawancara dengan harian Haaretz pada Sabtu, (27/7).

Atzili mengaku dia sering berbicara panjang lebar dengan anggota Hamas yang menjaganya.

“Saya memahami yang akan membantu saya bertahan adalah komunikasi sebanyak mungkin dengan mereka,” katanya kepada surat kabar Israel, Haaretz.

“Mereka ingin kita melihat mereka sebagai manusia, dan kami ingin mereka melihat kami sebagai manusia. Jadi, percakapan tentang keluarga, tentang kehidupan kita segera dimulai, dan itu berhasil. Saya sepenuhnya bergantung pada orang-orang itu. Saya ingin mereka menyukai saya, saya ingin mereka mengenal saya, saya ingin mereka peduli pada saya. Begitulah cara Anda bertahan.”

Pada 7 Oktober, Hamas dan kelompok Palestina lainnya melancarkan serangan mendadak ke selatan Israel, menewaskan sekitar 1.200 warga Israel. Sekitar 250 warga Israel dibawa sebagai tawanan ke Gaza.

Atzili ditangkap oleh Hamas pada hari itu dari kibbutz Nir Oz, tempat ia tinggal bersama Aviv, pasangannya dan ayah dari ketiga anak mereka.

Aviv, anggota regu keamanan kibbutz, meninggalkan rumahnya sesaat sebelum para pejuang Hamas tiba di rumahnya. Aviv tewas dan jasadnya dibawa oleh Hamas. Hal itu tidak diketahui oleh Atzili hingga dia dibebaskan pada November 2023.

Ketika para pejuang mencapai rumah Atzili pada 7 Oktober, dia mengatakan dia tidak takut.

“Mereka memiliki senjata tetapi mereka tidak mengancam saya,” katanya.

Kata Atzili pejuang Hamas mengatakan tidak akan menyakitinya, bahkan memberi waktu kepadanya untuk berpakaian dan bersiap sebelum dibawa ke Gaza. “Mereka memberi saya waktu untuk berpakaian dan bersiap, tetapi saya tidak mampu melakukannya karena saya terkejut.”

Dia mengatakan para pejuang membantunya mencari kacamatanya sebelum pergi, tetapi mereka semua tidak dapat menemukannya.

Awalnya, Atzili khawatir bahwa para pejuang akan “membawa semua orang ke halaman besar”, seperti yang dilakukan Nazi Jerman selama Holocaust. Namun, dia berkata, “mereka tidak menyentuh saya, mereka berbicara kepada saya dalam bahasa Inggris dan selalu berkata, ‘Jangan khawatir, kami tidak akan menyakiti Anda.'”

Mereka Tidak Akan Menyakiti Kami

Di Gaza, Atzili sebagian besar waktunya ditempatkan di Khan Younis bersama wanita lain dari Nir Oz, Ilana Gritzewsky. Mereka berdua sering berbicara panjang lebar dengan anggota Hamas yang menjaga mereka.

“Jelas saya takut, terutama pada awalnya,” katanya. “Tetapi mereka terus memberi tahu kami bahwa Hamas menginginkan kesepakatan, bahwa itu akan terjadi, dan bahwa tugas mereka adalah menjaga kami. Itu adalah kepentingan mereka agar kami dalam kondisi baik.”

“Setelah beberapa hari, sudah cukup jelas bahwa mereka tidak akan menyakiti kami. Saya sangat takut mereka akan memindahkan kami ke orang lain.”

Salah satu anggota Hamas yang menjaga mereka adalah seorang pengacara, sementara yang lain adalah seorang guru, menurut Atzili.

Percakapan mereka berkisar dari memasak hingga politik, dengan Atzili, seorang guru sejarah dan pemandu di Yad Vashem, peringatan resmi Israel untuk korban Holocaust.

“Saya menceritakan kepadanya, dan di akhir dia berkata, ‘Sungguh mengerikan apa yang terjadi pada Anda [orang-orang].’ Saya berkata, ‘Ya, benar-benar mengerikan.’ Dia berkata, ‘Saya tidak tahu begitu banyak orang Yahudi dibunuh.'”

Atzili mengatakan dia dan Gritzewski mencoba mengonfrontasi para penjaga mereka tentang apa yang dilakukan Hamas terhadap kibbutz mereka pada 7 Oktober. Para penjaga, yang berbicara dalam bahasa Inggris, mengakui bahwa mereka bingung mengapa Atzili dan Gritzewski dibawa, menyatakan “kami tidak berperang melawan wanita.”

Kedua wanita itu relatif diberi makan dengan baik dibandingkan dengan tawanan lainnya, menurut Atzili. Dia mengatakan para penjaga mencoba mengakomodasi diet vegetarian Gritzewski.

Baca juga: Erdogan ancam serbu Israel

Baca juga: Tentara cadangan Israel tolak bertugas kembali di Gaza

Beberapa hari sebelum dibebaskan sebagai bagian dari gencatan senjata singkat antara Israel dan Hamas pada November, Atzili mengatakan dia dan Gritzewski dipindahkan ke Rumah Sakit Nasser di mana para tawanan yang akan dibebaskan dikumpulkan.

Middle East Eye tidak dapat memverifikasi secara independen klaim tentang tempat para tawanan ditahan.

Saat pergi, salah satu penjaga mengucapkan selamat kepada mereka dan mereka saling menepuk bahu, menurut Atzili.

“Di satu sisi, ini adalah kejahatan yang mengerikan, apa yang mereka lakukan kepada kami, dan fakta bahwa mereka memilih untuk berpartisipasi dalam hal itu,” katanya. “Di sisi lain, mereka memperlakukan kami secara manusiawi dengan cara yang memungkinkan kami melewati periode itu dengan baik, secara keseluruhan.”

Atzili bertemu dengan Presiden AS Biden pada awal Juli, mengatakan bahwa dia adalah orang pertama yang menelepon orang tuanya untuk memberi selamat pada hari dia dibebaskan dari Gaza.

Dia mengatakan dia masih memikirkan apa yang terjadi pada orang-orang di Gaza saat perang berlanjut, dan menuduh pemerintahnya telah “mengorbankan para tawanan demi kelangsungan politiknya.”

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular