Thursday, September 19, 2024
HomeBaitul MaqdisBlinken dituduh rusak negosiasi gencatan senjata

Blinken dituduh rusak negosiasi gencatan senjata

Blinken diharap akan mendorong Israel dan Hamas untuk menunjukkan fleksibilitas. Tetapi sebaliknya, dia memeluk Netanyahu dan menjauh dari Hamas

Anadolu melaporkan, sejumlah pejabat Israel yang berpengaruh pada hari Rabu menuduh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken merusak negosiasi gencatan senjata di Gaza.

Menurut laporan dari surat kabar Israel Yedioth Ahronoth, sumber-sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan, Blinken salah besar dengan menyatakan Netanyahu menerima proposal AS, sehingga menempatkan bola di tangan Hamas.

Sumber-sumber tersebut berpendapat Blinken menciptakan optimisme palsu untuk kepentingan politik dalam negeri AS. Terutama untuk memastikan kelancaran Konvensi Partai Demokrat yang dimulai di Chicago pada Senin dan berlangsung hingga Kamis.

Sumber-sumber itu mengatakan, negosiator senior Israel terkejut dengan pernyataan Blinken selama konferensi pers. Mereka meyakini Blinken telah menghancurkan kesepakatan dengan berpihak pada Netanyahu.

Mereka menekankan bahwa “tidak akan ada kesepakatan jika Israel terus bersikeras menempatkan pasukan di sepanjang Koridor Philadelphi,” yang berbatasan dengan Gaza dan Mesir.

Pernyataan Blinken mengimplikasikan dukungan AS terhadap posisi Netanyahu untuk mempertahankan pasukan Israel di sepanjang Philadelphi, meskipun ada penolakan dari Hamas dan Mesir.

Blinken diharap akan mendorong Israel dan Hamas untuk menunjukkan fleksibilitas. Tetapi sebaliknya, dia memeluk Netanyahu dan menjauh dari Hamas.

Baca juga: Hamas dan Jihad Islam tetapkan syarat kesepakatan dengan Israel

Pada Rabu malam, media Israel melaporkan bahwa Presiden AS Joe Biden diperkirakan akan berbicara dengan Netanyahu “malam ini” untuk mendesaknya “melunakkan posisi Israel” terkait Koridor Philadelphi.

Pejabat Israel, Mesir, dan Amerika bertemu di Kairo pada hari Minggu dan Senin untuk membahas masalah Koridor Philadelphi.

Menurut situs web Israel, Walla, atas arahan Netanyahu, para negosiator Israel menyajikan peta kepada perwakilan Mesir dan AS, mengusulkan agar pasukan Israel terus ditempatkan di sepanjang Koridor Philadelphi sebagai bagian dari fase pertama kesepakatan, meskipun dalam skala yang lebih kecil.

Namun, Mesir menolak proposal ini, dan AS menegaskan kepada Israel bahwa peta yang disajikan itu tidak dapat diterima, menurut laporan media.

Pada hari Selasa, Blinken, berbicara di Doha sebelum meninggalkan wilayah tersebut, mengatakan bahwa AS menentang setiap pendudukan jangka panjang oleh Israel atas bagian mana pun dari Gaza.

Koridor Philadelphi, zona penyangga demiliterisasi sepanjang 14 kilometer (8,69 mil) di sepanjang perbatasan antara Jalur Gaza dan Mesir, tetap menjadi salah satu poin utama dalam negosiasi antara Israel dan Hamas.

Baca juga: Yahya Sinwar terlibat aktif dalam pengambilan keputusan

Selama berbulan-bulan, AS, Qatar, dan Mesir telah berupaya mencapai kesepakatan antara Israel dan Hamas untuk memastikan pertukaran tahanan dan gencatan senjata serta memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza. Namun, upaya mediasi terhenti karena penolakan Netanyahu untuk memenuhi tuntutan Hamas agar menghentikan perang.

Israel terus melakukan serangan brutal di Jalur Gaza setelah serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan tersebut telah mengakibatkan lebih dari 40.200 kematian warga Palestina, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, serta hampir 93.000 cedera, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade Gaza yang sedang berlangsung telah menyebabkan kekurangan parah makanan, air bersih, dan obat-obatan, sehingga sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida di Mahkamah Internasional, yang telah memerintahkan penghentian operasi militer di kota Rafah di selatan, di mana lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan sebelum wilayah tersebut diserang pada 6 Mei.

Baca juga: PENTING! Setiap bulan, lebih dari 1000 tentara Israel masuk pusat rehabilitasi

Baca juga: EKSKLUSIF | Takziyah ke rumah Ismail Haniyah di Doha

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular