Wednesday, October 16, 2024
HomeAnalisis dan OpiniOpiniOPINI: Israel pasca 7 Oktober, antara dekolonisasi dan disintegrasi

OPINI: Israel pasca 7 Oktober, antara dekolonisasi dan disintegrasi

Ilan Pappe

Setahun telah berlalu sejak 7 Oktober 2023, dan kini waktunya untuk meninjau kembali apakah kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang peristiwa besar ini dan segala dampaknya.

Bagi sejarawan seperti saya, biasanya setahun bukan waktu yang cukup untuk menarik kesimpulan signifikan. Namun, apa yang terjadi dalam 12 bulan terakhir harus dilihat dalam konteks sejarah yang jauh lebih luas, setidaknya sejak 1948, atau bahkan sejak awal pemukiman Zionis di Palestina pada akhir abad ke-19.

Oleh karena itu, apa yang bisa dilakukan oleh sejarawan adalah menempatkan tahun yang lalu ini dalam kerangka proses jangka panjang yang telah berkembang di Palestina historis sejak tahun 1882. Ada dua proses penting yang ingin saya bahas.

Kolonisasi dan Dekolonisasi

Proses pertama adalah kolonisasi dan lawannya – dekolonisasi. Tindakan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat yang diduduki dalam setahun terakhir memberikan pembenaran baru bagi penggunaan kedua istilah ini.

Kolonisasi dan dekolonisasi telah melampaui kosakata aktivis dan akademisi gerakan pro-Palestina, merambah hingga ke ranah lembaga internasional seperti Mahkamah Internasional.

Hingga kini, arus utama akademisi dan media masih enggan mendefinisikan proyek Zionis sebagai kolonialisme, atau lebih tepatnya sebagai proyek kolonialisme pemukim.

Namun, seiring intensifikasi kolonisasi Israel di Palestina pada tahun-tahun mendatang, semakin banyak individu dan lembaga mungkin akan memandang kenyataan di Palestina sebagai kolonial dan perjuangan Palestina sebagai perjuangan antikolonial, meninggalkan narasi usang tentang terorisme dan negosiasi perdamaian.

Sudah saatnya kita berhenti menggunakan bahasa yang menyesatkan yang didorong oleh media AS dan Barat, seperti “kelompok teroris yang didukung Iran, Hamas” atau “proses perdamaian”, dan sebaliknya mulai berbicara tentang perlawanan Palestina dan dekolonisasi Palestina dari sungai hingga ke laut.

Apa yang dapat mempercepat perubahan ini adalah semakin menurunnya reputasi media arus utama Barat sebagai sumber yang kredibel dalam hal analisis dan informasi.

Saat ini, para eksekutif media berjuang mati-matian untuk menolak perubahan dalam penggunaan bahasa, tetapi pada akhirnya mereka akan menyesali berada di sisi sejarah yang salah.

Perubahan narasi ini penting karena memiliki potensi untuk memengaruhi politik, terutama politik Partai Demokrat di Amerika Serikat. Kelompok Demokrat yang lebih progresif telah mulai menggunakan bahasa dan kerangka yang lebih akurat tentang apa yang terjadi di Palestina.

Apakah ini akan cukup untuk memengaruhi kebijakan pemerintahan Demokrat, jika Kamala Harris memenangkan pemilu? Masih harus dilihat.

Namun saya tidak terlalu optimis akan perubahan ini, kecuali proses keruntuhan sosial di dalam Israel, meningkatnya kerentanan ekonomi, dan isolasi internasional dapat mengakhiri upaya kosong dari Demokrat untuk menghidupkan kembali “proses perdamaian” yang mati itu.

Jika Donald Trump menang, pemerintahan AS berikutnya mungkin tidak berbeda dengan yang sekarang, atau bahkan mungkin lebih memberi Israel kebebasan penuh untuk bertindak.

Terlepas dari siapa yang menang dalam pemilihan AS bulan depan, satu hal yang akan tetap benar: Selama kerangka kolonisasi dan dekolonisasi ini diabaikan oleh mereka yang memiliki kekuatan untuk menghentikan genosida di Gaza dan petualangan Israel di tempat lain, harapan untuk menenangkan kawasan ini tetap suram.

Disintegrasi Israel

Proses kedua yang muncul dengan kekuatan penuh dalam setahun terakhir adalah disintegrasi Israel dan kemungkinan runtuhnya proyek Zionis.

Gagasan Zionis awal tentang mendirikan negara Yahudi Eropa di jantung dunia Arab dengan cara merampas tanah Palestina sejak awal sudah tidak logis, tidak bermoral, dan tidak praktis.

Proyek ini bertahan selama bertahun-tahun karena didukung oleh aliansi kuat yang, karena alasan agama, imperialis, dan ekonomi, menganggap negara semacam itu memenuhi tujuan ideologis atau strategis mereka, bahkan jika kadang-kadang kepentingan tersebut saling bertentangan.

Proyek aliansi ini—menyelesaikan masalah rasisme Eropa melalui kolonisasi dan imperialisme di tengah dunia Arab—sedang memasuki momen kebenarannya.

Secara ekonomi, Israel yang terlibat dalam perang panjang tanpa prospek kemenangan total, berbeda dengan perang pendek dan sukses di masa lalu, tidak kondusif bagi investasi internasional dan keuntungan ekonomi.

Secara politis, Israel yang melakukan genosida kini tak lagi menarik bagi banyak orang Yahudi, terutama mereka yang meyakini bahwa masa depan mereka sebagai kelompok agama atau budaya tidak bergantung pada keberadaan negara Yahudi, dan bahkan mungkin lebih aman tanpa negara tersebut.

Pemerintah yang berkuasa saat ini masih menjadi bagian dari aliansi tersebut, namun keberlangsungan keanggotaannya bergantung pada masa depan politik secara keseluruhan.

Maksud saya, peristiwa-peristiwa bencana yang terjadi selama setahun terakhir di Palestina, bersamaan dengan pemanasan global, krisis imigrasi, meningkatnya kemiskinan, dan ketidakstabilan di banyak bagian dunia, telah memperlihatkan betapa jauh terpisahnya elite-elite politik dari aspirasi, kekhawatiran, dan kebutuhan dasar rakyatnya.

Ketidakpedulian dan sikap acuh ini akan ditantang, dan setiap kali berhasil dilawan, koalisi yang menopang kolonisasi Israel di Palestina akan melemah.

Namun, yang belum kita lihat selama setahun terakhir adalah kemunculan kepemimpinan Palestina yang merefleksikan persatuan yang mengagumkan dari rakyat di dalam dan luar Palestina serta solidaritas gerakan global yang mendukung mereka.

Mungkin ini terlalu banyak diharapkan di tengah-tengah momen kelam dalam sejarah Palestina, tetapi hal ini harus terjadi, dan saya cukup yakin bahwa itu akan terjadi.

Dua belas bulan ke depan kemungkinan besar akan menjadi replika yang lebih buruk dari tahun lalu, dengan kebijakan genosida Israel yang semakin intensif, eskalasi kekerasan di kawasan, dan dukungan terus-menerus dari pemerintah-pemerintah, yang didukung oleh media mereka, untuk jalur kehancuran ini.

Namun sejarah menunjukkan kepada kita bahwa inilah cara sebuah babak mengerikan dalam kronologi sebuah negara berakhir; bukan cara sebuah babak baru dimulai.

Sejarawan tidak seharusnya memprediksi masa depan, tetapi mereka setidaknya bisa menyusun skenario yang masuk akal untuknya. Dalam hal ini, saya rasa masuk akal untuk mengatakan bahwa pertanyaan “apakah” penindasan terhadap Palestina akan berakhir kini dapat diganti dengan “kapan”.

Kita memang belum tahu “kapan”, tetapi kita semua bisa berusaha untuk mewujudkannya lebih cepat daripada nanti.

Tulisan ini disadur dari opini Ilan Pappe di Al Jazeera berjudul Israel after October 7: Between decolonisation and disintegration

Pizaro Idrus
Pizaro Idrus
Pengajar HI Universitas Al Azhar Indonesia, Mahasiswa PhD Hubungan Antarbangsa Universitas Sains Malaysia.
ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular