Friday, October 18, 2024
HomeHeadlineHamas masih mampu kirim roket ke Tel Aviv dan Yerusalem

Hamas masih mampu kirim roket ke Tel Aviv dan Yerusalem

Meluncurkan roket ke Israel termasuk roket jarak jauh ke Tel Aviv atau ke Yerusalem,

YERUSALEM

Anadolu melaporkan, pihak militer Israel mengakui bahwa Hamas masih mampu membom Tel Aviv dan Yerusalem dari wilayah Gaza.

Hal itu dinyatakan militer Israel via laman resmi pada Selasa, (16/7).

“Hamas masih memiliki kemampuan menyerang pasukan (Israel) di Gaza dan meluncurkan roket ke Israel termasuk roket jarak jauh ke Tel Aviv atau ke Yerusalem,” tulis pihak militer dalam pernyataan mereka.

Menurut militer Israel sekitar 14,000 anggota Hamas telah terbunuh ataupun ditangkap sejak 7 Oktober 2023.

Militer Israel mengatakan, mereka telah menembak 37,000 target di Gaza dari udara, dan lebih dari 25,000 fasilitas serta lokasi peluncur roket.

Militer Israel mengakui setidaknya 682 tentara mereka tewas sejak 7 Oktober. Kementerian Pertahanan memperkirakan 9,400 telah dirawat di departemen rehabilitasi sejak 7 Oktober, dan 36 persen dari mereka menderita gangguan mental.

Israel, yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Lebih dari 38.700 warga Palestina telah tewas, sebagian besar wanita dan anak-anak, dan lebih dari 89.000 terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari sembilan bulan setelah serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan pasokan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional, yang dalam putusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota Rafah, selatan Gaza, di mana lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum kota tersebut diserbu pada 6 Mei.

 

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular