Friday, October 18, 2024
HomeBeritaBlinken: kesepakatan gencatan senjata menuju "garis gawang"

Blinken: kesepakatan gencatan senjata menuju “garis gawang”

WASHINGTON, DC

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, pada Jumat (19/7) mengatakan, upaya AS mengupayakan gencatan senjata di Gaza mendekati “garis gawang”.

“Kita berada di garis 10-yard (dari gawang) dan menuju garis gawang untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata, memulangkan para sandera, dan menyiapakan jalan menuju perdamaian dan stabilitas,” kata Blinken dalam acara Aspen Security Forum di Colodaro, seperti dikutip Anadolu pada Jumat, (19/7).

Blinken mengingatkan, jarak “10 yard” dari garis gawang adalah bagian terberat.

Baca juga: Indonesia impor produk Israel sebesar 29,2 juta dolar pada Januari-April 2024

Baca juga: Karena Gaza, AS kehilangan dukungan kaum muda

“Kita selalu menyakini, cara tercepat mengakhiri perang ini adalah dengan membawa bantuan untuk warga Gaza yang sangat membutuhkan. Menyelesaikan masalah Gaza, berarti membuat jalan yang lebih baik bagi seluruh kawasan melalui perjanjian gencatan senjata,” tambah Blinken.

Solusi dua-negara

Saat ditanya perihal apakah wacana dua-negara bagi Israel dan Palestina telah mati, Blinken menjawab, “bukan hanya tidak mati, tapi tidak mungkin mati.”

Kata Blinken, realita kenyataan yang ada tidak bisa diacuhkan. Dia mengigatkan eksistensi 5 juta warga Palestina dan 7 juta Yahudi Israel.

“Warga Palestina tidak akan pergi. Yahudi juga tidak akan pergi. Harus ada akomodasi (untuk keduanya),” ucap Blinken.

Blinken berpendapat dua halangan utama terwujudnya dua-negara adalah Iran dan Hamas. Namun dia tidak menyebutkan, bahwa parlemen Israel, Knesset, secara tegas menolak pendirian negara Palestina yang berdaulat.

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular