Friday, October 18, 2024
HomeBerita Israel bebaskan tujuh tahanan Palestina dari Gaza

 Israel bebaskan tujuh tahanan Palestina dari Gaza

tahanan Palestina mengalami pemukulan, diborgol ke dinding, dan dipaksa berdiri dengan tangan terikat di atas kepala mereka

Otoritas pendudukan Israel hari ini membebaskan tujuh tahanan Palestina dari Gaza, termasuk dua wanita. Demikian laporan Middle East Monitor pada Kamis, (25/7).

Menurut laporan Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS), pertolongan pertama diberikan kepada para tahanan yang dibebaskan di pos pemeriksaan militer Kissufim, di timur Deir Al-Balah, sebelum mereka dipindahkan ke Rumah Sakit Syuhada Al-Aqsa.

Suratkabar Israel, Haaretz melaporkan awal tahun ini, tahanan Palestina mengalami pemukulan, diborgol ke dinding, dan dipaksa berdiri dengan tangan terikat di atas kepala mereka.

Pada Mei, CNN mengungkapkan rincian mengerikan tentang penyiksaan dan perlakuan buruk terhadap warga Palestina dari Gaza di satu fasilitas penahanan Israel. Keterangan tersebut di antaranya bersumder dari dokter yang mengetahui penyiksaan itu.

Para tahanan yang dibebaskan mengatakan staf medis di fasilitas tersebut ikut serta dalam menghina dan menyiksa narapidana.

Baca juga: Pendukung Mali bawa bendera Palestina saat laga vs Israel di Olimpiade Paris

Baca juga: Kata AS, UNRWA bukan organisasi teroris

Diperkirakan ada sekitar 9.700 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel, termasuk 80 tahanan wanita dan 250 anak-anak, menurut perkiraan Klub Tahanan Palestina.

Organisasi Tahanan Palestina menambahkan, jumlah ini termasuk 3.380 tahanan administratif – yang ditahan tanpa dakwaan atau pengadilan, sementara dua wanita hamil juga termasuk di antara mereka yang ditahan.

Dua dari tahanan yang dibebaskan menceritakan penyiksaan dan pelanggaran yang mereka alami selama penahanan. Muhammad Al-Louh menggambarkan menghabiskan 30 hari di penjara pendudukan, di mana dia mengalami penyiksaan berat, pemukulan terus-menerus, dan sengatan listrik.

Al-Louh juga menyebutkan bahwa para tahanan selalu diborgol, diborgol, dan ditutup matanya, dicegah mengangkat kepala, dan dijejalkan ke dalam ruangan sempit yang kekurangan kebutuhan dasar.

Tahanan Palestina lainnya yang termasuk di antara mereka yang dibebaskan hari ini, Muhammad Abu Shaar, melaporkan bahwa dia mengalami penyiksaan dengan sengatan listrik beberapa kali, bersama dengan pemukulan dan kurang tidur selama penahanannya. Dia juga mencatat bahwa makanan yang diberikan tidak cukup dan berkualitas buruk.

Secara berkala, tentara Israel membebaskan tahanan Palestina yang ditangkap dalam serangan darat mereka di Gaza, yang dimulai pada bulan Oktober. Setelah dibebaskan, para tahanan sering menunjukkan tanda-tanda penyiksaan berat dan mengungkapkan rincian perlakuan tidak manusiawi yang mereka terima di penjara pendudukan, banyak yang menderita cacat permanen.

Sejak awal agresi terhadap Jalur Gaza pada 7 Oktober, pasukan pendudukan Israel telah menahan ratusan warga sipil.

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular