Thursday, September 19, 2024
HomeBeritaVaksinasi Polio Gaza akan dimulai besok

Vaksinasi Polio Gaza akan dimulai besok

Kementerian telah merilis peta dan mengirim pesan teks untuk memberi tahu warga Gaza tentang lokasi dan jadwal vaksinasi

Menteri Kesehatan Palestina, Majed Abu Ramadan, mengumumkan pada Jumat (30/8), kampanye vaksinasi polio untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun akan dimulai di Gaza pada Minggu (1/9).

Ramadan menjelaskan, kampanye ini akan dimulai pada 1 September di distrik Deir al-Balah, Gaza Tengah, dan akan berlangsung hingga 4 September.

Dikutip dari Anadolu Agency, vaksinasi akan dijalankan di Khan Younis di Jalur Gaza Selatan mulai 5 hingga 9 September. Dan akan berakhir di Gaza City serta bagian utara Jalur Gaza dari 9 hingga 12 September.

Ramadan mengatakan peralatan vaksinasi akan dipindahkan sesuai jadwal, dan menjamin bahwa vaksin yang digunakan sepenuhnya aman.

Ia juga mengimbau warga Gaza membawa anak-anak mereka untuk divaksinasi.

Kementerian telah merilis peta dan mengirim pesan teks untuk memberi tahu warga Gaza tentang lokasi dan jadwal vaksinasi.

Baca juga: Israel setujui jeda untuk vaksinasi Polio di Gaza

Rik Peeperkorn, perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di wilayah Palestina yang diduduki, menyatakan kampanye vaksinasi polio ini akan memberikan dua tetes vaksin oral polio baru tipe 2 (nOPV2) kepada lebih dari 640.000 anak di bawah usia 10 tahun.

Kata Peeperkorn 1,26 juta dosis vaksin dan 500 pengangkut vaksin telah dikirimkan ke Gaza. Sementara 400.000 dosis vaksin tambahan akan segera tiba.

Lebih dari 2.180 tenaga kesehatan dan pekerja lapangan telah dilatih untuk memberikan vaksinasi dan menginformasikan masyarakat tentang kampanye ini.

“Setidaknya diperlukan cakupan vaksinasi 90% selama setiap putaran kampanye untuk menghentikan wabah dan mencegah penyebaran internasional polio,” tegasnya.

Dia juga menyambut baik komitmen awal untuk jeda kemanusiaan di area tertentu selama kampanye. Dia menyeru semua pihak untuk menghentikan pertempuran agar anak-anak dan keluarga dapat dengan aman mengakses fasilitas kesehatan.

Dia juga berharap pekerja lapangan dapat menjangkau anak-anak yang tidak dapat mengakses fasilitas kesehatan untuk vaksinasi polio.

Pada Kamis, WHO mengumumkan komitmen awal untuk gencatan senjata kemanusiaan di area tertentu selama kampanye vaksinasi polio.

Kesepakatan dengan Koordinasi Kegiatan Pemerintah Israel di Wilayah (COGAT) mencakup gencatan senjata tiga hari di Gaza Tengah, diikuti dengan gencatan serupa di wilayah selatan dan utara.

Sekjen PBB, Antonio Guterres, pada 16 Agustus lalu menyerukan gencatan senjata kemanusiaan selama tujuh hari untuk melaksanakan kampanye vaksinasi bagi 640.000 anak.

Seruan ini muncul setelah laporan dari Kementerian Kesehatan Palestina yang mengonfirmasi kasus polio pertama di Gaza pada seorang anak berusia 10 bulan.

Baca juga: PBB serukan jeda kemanusiaan untuk vaksinasi polio 640 ribu anak Gaza

Baca juga: Kemkes Gaza terima lebih dari 1 juta dosis vaksin Polio

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular