Thursday, April 25, 2024
HomeBeritaIndonesiaKemlu bantah informasi Retno Marsudi bakal mundur

Kemlu bantah informasi Retno Marsudi bakal mundur

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Anadolu)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Anadolu)

Kementerian Luar Negeri menepis isu bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan mundur dari posisinya sebagai bentuk kritik terhadap Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal menegaskan bahwa saat ini Menlu Retno sedang fokus menangani kepentingan Indonesia.

“Menlu RI masih fokus dan sibuk menangani kepentingan Indonesia di luar negeri,” kata Juru Bicara Kemenlu RI, Lalu M Iqbal kepada wartawan, Minggu (4/2).

Iqbal menjelaskan saat ini banyak hal yang perlu menjadi perhatian serius. Salah satunya masalah konflik di Palestina.

“Sedang banyak yang perlu perhatian serius, seperti isu Palestina. Agenda beliau memang sangat padat,” katanya.

Sebelumnya, muncul isu 15 menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju (KIM), salah satunya adalah Retno Marsudi.

Kabar sejumlah menteri berencana mengundurkan diri juga sempat diutarakan Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1).

“Saya ngobrol-ngobrol kan dengan petinggi-petinggi partai dan macam-macam, nah muncul katanya yang paling siap itu Ibu Sri Mulyani, Pak Basuki juga, dalam kaitannya dengan Gibran ini ya karena ini sudah beyond akal sehat begitu,” kata Faisal Basri dalam program Closing Bell CNBC Indonesia, dikutip Kamis (18/1).

Adapun menteri yang saat ini sudah mundur adalah Menkopolhukam Mahfud Md. Presiden Jokowi juga sudah berbicara soal kondisi kabinet saat ini. Jokowi memastikan kabinet berjalan seperti biasa.

“Kabinet biasa-biasa saja. Biasa-biasa saja, nggak ada masalah. Yang kerja ya kerja, yang kunjungan ke daerah, kunjungan ke daerah, saya pun sama, saya rapat di Jakarta dan juga di daerah, ada undangan seperti pagi hari ini kongres ke-16 GP Ansor,” ujar Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (2/2). (Pizaro)

Pizaro Idrus
Pizaro Idrus
Pengajar HI Universitas Al Azhar Indonesia, Mahasiswa PhD Hubungan Antarbangsa Universitas Sains Malaysia.
ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular