Thursday, July 25, 2024
HomeBeritaKepala Kebijakan Luar Negeri UE kecam serangan Israel atas sekolah PBB di...

Kepala Kebijakan Luar Negeri UE kecam serangan Israel atas sekolah PBB di Gaza

ATHENA

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Joseph Borrell mengecam serangan terbaru Israel atas sekolah milik PBB di Gaza.

“Warga sipil harus dilindungi setiap waktu. Fasilitas PBB tidak boleh disalah gunakan, dan tidak dijadikan target,” kata Borrell via akun X dia, seperti dilansir kantor berita Anadolu pada Senin (9/7).

Borrell juga mendesak Hamas dan Israel untuk menyepakati gencatan senjata.

Pada Sabtu, pasukan Israel mengklaim telah menyerang pejuang Hamas di dalam Sekolah Al-Jaouni di Nuseirat yang dikeloka oleh badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina UNRWA. Serangan itu menewaskan 16 warga sipil dan melukai 50 lainnya.

Selama berbulan-bulan negosiasi gencatan senjata antara Hamas dan Israel galal karena penolakan sepihak oleh PM Benjamin Netanyahu.

Aksi Israel yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk gencatan senjata, telah mendapatkan kecaman insternasional, karena aksi balasan Israel yang brutal ke Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Lebih dari 38,150 warga palestina tewas, kebanyakan wanita dan anak-anak, serta lebih dari 87,800 lebih luka-luka, menurut data kementerian kesehatan di Gaza.

Sembilan bulan berlalu sejak serangan Israel ke Gaza yang menghancurkan mayoritas bangunan di Jalur Gaza, dan semakin mempersulit keadaan di sana akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan.

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular