Thursday, September 19, 2024
HomeBerita21 tahanan Palestina tewas dalam penjara Israel sejak 7 Oktober 2023

21 tahanan Palestina tewas dalam penjara Israel sejak 7 Oktober 2023

Setidaknya 21 tahanan Palestina telah meninggal di penjara-penjara Israel sejak perang Israel di Jalur Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023

Seorang tahanan Palestina dari Gaza meninggal akibat penyiksaan di Penjara Sde Teiman yang terkenal di Israel selatan.

“Omar Junaid adalah salah satu dari puluhan tahanan Gaza yang meninggal akibat penyiksaan di penjara Israel,” kata Komisi Urusan Tahanan dan Masyarakat Tahanan Palestina dalam pernyataan bersama pada Senin, (5/8).

Menurut pernyataan tersebut, Junaid ditangkap bersama saudaranya oleh pasukan Israel pada 24 Desember 2023.

Saudaranya dibebaskan empat bulan kemudian, namun Junaid dinyatakan meninggal pada 17 Juni 2023 oleh kelompok Israel, HaMoked Center for the Defense of the Individual.

Menurut pernyataan itu, setidaknya 21 tahanan Palestina telah meninggal di penjara-penjara Israel sejak perang Israel di Jalur Gaza dimulai pada 7 Oktober 2023.

Pada Minggu, pengadilan militer Israel memperpanjang penahanan lima tentara yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang tahanan Palestina dari Gaza di Penjara Sde Teiman.

Laporan hak asasi manusia dari Palestina, Israel, dan internasional baru-baru ini menunjukkan bahwa tahanan dari Gaza telah disiksa di fasilitas penahanan tersebut, yang telah menyebabkan kematian puluhan orang.

Baca juga: EKSKLUSIF | Takziyah ke rumah Ismail Haniyah di Doha

Baca juga: Iran: Haniyah tewas akibat serangan proyektil jarak pendek

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutalnya yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan Oktober lalu oleh kelompok perlawanan Palestina, Hamas.

Lebih dari 39.600 warga Palestina telah tewas sejak itu, kebanyakan wanita dan anak-anak, dan lebih dari 91.600 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Hampir 10 bulan memasuki perang Israel, wilayah luas Gaza hancur di tengah blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Pengadilan Internasional, yang memerintahkan segera menghentikan operasi militernya di kota Rafah, di mana lebih dari 1 juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum kota tersebut diserbu pada 6 Mei.

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular