Thursday, September 19, 2024
HomeBeritaHamas: negosiasi berikan banyak waktu bagi Israel untuk terus membunuh

Hamas: negosiasi berikan banyak waktu bagi Israel untuk terus membunuh

Hamas mengingatkan bahwa proposal yang didukung Biden pada 2 Juli lalu telah didukung banyak pihak, dan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB

Kelompok perlawanan Palestina, Hamas, pada Minggu menuntut agar para mediator segera mengajukan rencana pelaksanaan proposal yang didukung Presiden AS Joe Biden. Karena melanjutkan negosiasi berarti memberikan Israel banyak waktu melakukan pembunuhan di Gaza.

Hamas mengingatkan bahwa proposal yang didukung Biden pada 2 Juli lalu telah didukung banyak pihak, dan sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Israel meningkatkan agresinya terhadap rakyat kami dan melakukan lebih banyak pembantaian, termasuk pembunuhan terhadap pemimpin gerakan Ismail Haniyah, yang menegaskan niatnya untuk melanjutkan agresi bukan untuk gencatan senjata,” kata Hamas dalam pernyataan resminya.

Para mediator dari Mesir, Qatar, dan AS pada Kamis lalu mendesak Israel dan Hamas untuk segera menyepakati gencatan senjata dan kesepakatan pembebasan sandera tanpa penundaan atau alasan lebih lanjut.

“Tidak ada lagi waktu yang bisa disia-siakan, maupun alasan dari pihak mana pun untuk penundaan lebih lanjut,” kata pernyataan bersama yang diterbitkan oleh Dewan Keamiran Qatar.

Para mediator menyatakan kesiapan mereka “untuk mengajukan proposal final yang menyelesaikan masalah-masalah implementasi yang tersisa dengan cara yang memenuhi harapan semua pihak.”

Mereka juga menyerukan kepada Israel dan Hamas “untuk melanjutkan diskusi mendesak pada 15 Agustus di Doha atau Kairo untuk menutup semua celah yang tersisa dan memulai implementasi kesepakatan tanpa penundaan lebih lanjut.”

Dalam pernyataannya, Hamas juga menyebut serangan udara mematikan oleh Israel pada Sabtu pagi yang menewaskan setidaknya 100 warga Palestina dan melukai puluhan lainnya di sebuah sekolah di Kota Gaza, tempat orang-orang yang terlantar mencari perlindungan.

“Musuh melakukan kejahatan keji, melakukan pembantaian terhadap orang-orang yang terlantar di sebuah sekolah di lingkungan Daraj, Gaza,” katanya.

Baca juga: Al-Qassam tegaskan dukungan untuk Yahya Sinwar

Baca juga: Erdogan sambut putra mendiang Haniyah di Istanbul

Mengenai upaya gencatan senjata sebelumnya, Hamas mengatakan bahwa mereka telah terlibat dalam “banyak putaran negosiasi dan memberikan semua fleksibilitas dan sikap positif yang diperlukan untuk mencapai tujuan dan kepentingan rakyat Palestina, termasuk memfasilitasi pertukaran sandera, membantu rakyat kami, mengembalikan orang-orang yang terlantar, dan membangun kembali apa yang telah dihancurkan oleh agresi.”

Pada bulan Mei lalu, Biden menyatakan bahwa Israel telah mengajukan kesepakatan tiga fase yang akan mengakhiri permusuhan di Gaza dan mengamankan pembebasan sandera yang ditahan di wilayah pesisir tersebut. Rencana itu mencakup gencatan senjata, pertukaran sandera-tahanan, dan rekonstruksi Gaza.

Pembicaraan tidak langsung yang dimediasi oleh AS, Qatar, dan Mesir gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata permanen dan pertukaran sandera-tahanan. Gencatan senjata selama seminggu pada bulan November melihat pertukaran sebagian dari sekitar 250 sandera yang ditahan selama serangan Hamas pada Oktober lalu, dengan tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel.

Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, Israel menghadapi kecaman internasional di tengah serangannya yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan oleh Hamas pada 7 Oktober 2023.

Serangan Israel tersebut telah menewaskan sekitar 39.800 korban, kebanyakan wanita dan anak-anak, dan melukai lebih dari 92.000 lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

Lebih dari 10 bulan setelah serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan pasokan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Pengadilan Internasional (ICJ), yang memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasinya di kota Rafah, selatan Gaza, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum kota tersebut diserbu pada 6 Mei.

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular