Thursday, July 25, 2024
HomeBeritaIndonesia apresiasi negara Eropa akui kedaulatan Palestina

Indonesia apresiasi negara Eropa akui kedaulatan Palestina

JAKARTA

Indonesia mengapresiasi langkah negara-negara Eropa yang mengakui kedaulatan Palestina. Demikian pernyataan Juru Bicara II Kementerian Luar Negeri Rolliansyah Soemirat, Rabu (3/7/2024) di Jakarta, seperti dilaporkan situs RRI.com.

“Terakhir, kita mengetahui adanya Norwegia, Spanyol, dan Irlandia saat pertemuan Uni Eropa di Brussels bulan lalu. Dilanjutkan dengan Slovenia, kemudian Armenia,” kata Soemirat.

Katanya, dukungan dari  negara-negara Eropa menunjukan, semakin banyak negara yang memutuskan berada pada sisi sejarah yang benar. Negara-negara itu ingin memberikan dukungan moral dan politis terhadap perjuangan bangsa Palestina.

“Masyarakat internasional perlu menjaga momentum ini. Bahwa, penghargaan terhadap hukum internasional yang ada, juga harus berlaku dalam kasus di Gaza,” ucapnya.

Soemirat memastikan komitmen Indonesia mendukung perjuangan bangsa Palestina akan terus dilakukan. Menurutnya, hal itu akan terus diupayakan Indonesia melalui Menteri Luar Negeri dengan mengikutsertakan bersama masyarakat internasional.

“Ini juga akan terus dilakukan Ibu Menlu, baik dalam kapasitas nasional Indonesia dan juga sebagai salah satu negara dari 8 negara OKI (Organisasi Kerja Sama Islam). Yang diberi mandat khusus melakukan keikutsertaan masyarakat internasional terkait upaya memperoleh dukungan terhadap rakyat Palestina sebesar-besarnya,” kata Soemirat menjelaskan.

“Ini akan diteruskan Ibu Menlu dalam bentuk keikutsertaan dalam bentuk pertemuan dengan negara-negara lain. Dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan.”

ARTIKEL TERKAIT
- Advertisment -spot_img

Most Popular